Bangga! Prabowo Pamerkan Produk Singkong di Forum Pangan Dunia

Minggu, 13 November 2022 - 18:06 WIB
loading...
Bangga! Prabowo Pamerkan Produk Singkong di Forum Pangan Dunia
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memamerkan produk singkong di fotum pangan dunia. FOTO/dok.Istimewa
A A A
NUSA DUA - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto memamerkan produk singkong di fotum pangan dunia. Dia mengatakan singkong dapat menjadi solusi atas tantangan pangan dunia.

"Kita sudah mampu produksi pasta, mi instan, ini singkong," ujar Prabowo di Global Food Security Forum di Nusa Dua Bali, Minggu (13/11/2022).

Baca Juga: Bicara di Global Food Security Forum, Prabowo Raih Standing Applause

Prabowo bangga banyak anak bangsa di Tanah Air sudah mampu memproduksinya menjadi berbagai produk makanan siap saji. Hal tersebut ia sampaikan dalam sambutan di forum global tersebut.

Prabowo pun membawa beberapa contoh produk buatan anak bangsa tersebut. Produk itu sudah dijual di pasaran terutama ecommerce, seperti mi instan hingga pasta singkong. Prabowo mengungkapkan alasan dirinya mengungguli tanaman singkong adalah karena singkong tanaman yang efisien. Bahkan hal ini pernah diutarakan oleh Bill Gates kepada publik.

Baca Juga: Kelaparan Landa Berbagai Negara, Menhan Prabowo Ajak Pemimpin Dunia Bersatu

Bill Gates pun menggelontorkan dana yang banyak sekitar USD50 juta untuk riset tentang singkong, yang disebut Bill Gates sebagai tanaman yang paling menarik di dunia. "Singkong bisa menjadi tanaman penyelamat dunia. Indonesia dapat jadi yang terdepan memproduksi, dan menyelesaikan ancaman terhadapan ketahanan pangan," ujarnya.

Ancaman terhadap ketahanan pangan dunia, menurut Prabowo, yang paling kentara adalah pasokan gandum dunia yang tidak stabil lantaran konflik Rusia dan Ukraina. Perubahan iklim juga mempengaruhi. Kendati tantangan pangan nyata di depan mata, Prabowo menyebut pemecahan masalah harus terus diupayakan.

(nng)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2258 seconds (11.97#12.26)