Susul Meta dan Twitter, Amazon Bakal PHK 10.000 Karyawan Mulai Minggu Ini

Selasa, 15 November 2022 - 09:31 WIB
loading...
Susul Meta dan Twitter, Amazon Bakal PHK 10.000 Karyawan Mulai Minggu Ini
Amazon dilaporkan akan mengurangi sekitar 10.000 karyawan mulai minggu ini. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Amazon berencana memberhentikan sekitar 10.000 karyawan mulai minggu ini, menurut laporan dari The New York Times. Secara terpisah, The Wall Street Journal juga mengutip sumber yang mengatakan bahwa perusahaan berencana memberhentikan ribuan karyawan.

Mengutip laporan yang dilansir CNBC, Selasa (15/11/2022) itu, pemangkasan jumlah karyawan tersebut akan menjadi yang terbesar dalam sejarah perusahaan dan terutama akan berdampak pada organisasi perangkat, divisi ritel, dan sumber daya manusia Amazon. Pemutusan hubungan kerja (PHK) yang dilaporkan akan mewakili kurang dari 1% tenaga kerja global Amazon dan 3% karyawan korporatnya.



Langkah Amazaon itu menyusul pengurangan jumlah karyawan yang telah dilakukan perusahaan teknologi lainnya, antraa lain Meta yang minggu lalu mengumumnkan bahwa mereka memberhentikan lebih dari 13% stafnya, atau lebih dari 11.000 karyawan, dan Twitter yang memberhentikan sekitar setengah dari tenaga kerjanya setelah akuisisi perusahaan oleh Elon Musk senilai USD44 miliar.

Amazon melaporkan 798.000 karyawan pada akhir 2019 tetapi memiliki 1,6 juta karyawan penuh dan paruh waktu per 31 Desember 2021, meningkat 102%. The New York Times mengatakan jumlah PHK "tetap berubah-ubah" dan dapat berubah.

Musim belanja liburan sangat penting bagi Amazon, dan biasanya, saat perusahaan meningkatkan jumlah karyawannya untuk memenuhi permintaan. Tetapi Andy Jassy, yang mengambil alih sebagai CEO pada Juli 2021, telah melakukan pemotongan biaya untuk menghemat uang saat perusahaan menghadapi penjualan yang melambat dan ekonomi global yang suram.



Perusahaan telah mengumumkan rencana untuk membekukan perekrutan untuk peran korporat dalam bisnis ritelnya. Dalam beberapa bulan terakhir, Amazon menutup layanan telehealth-nya, menghentikan proyektor panggilan video yang unik untuk anak-anak, menutup semua kecuali satu pusat panggilan A.S., menghentikan robot pengiriman kelilingnya, menutup rantai bata-dan-mortir yang berkinerja buruk, dan menutup , membatalkan atau menunda beberapa lokasi gudang baru.

Amazon melaporkan pendapatan kuartal ketiga yang mengecewakan di bulan Oktober yang membuat takut investor dan menyebabkan saham tenggelam lebih dari 13%. Ini menandai pertama kalinya kapitalisasi pasar Amazon turun di bawah USD1 triliun sejak April 2020, dan laporan tersebut adalah yang kedua kalinya tahun ini bahwa hasil Amazon cukup untuk memicu penjualan persentase dua digit. Aksi jual berlanjut selama berhari-hari setelah laporan dan menghapus hampir semua lonjakan pandemi saham.

Saham Amazon turun sekitar 41% untuk tahun ini, lebih dari penurunan 14% di S&P 500, dan sedang menuju tahun terburuk sejak 2008.
(fai)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1591 seconds (0.1#10.140)