4 Harta Karun Kekayaan Alam Rusia Terbesar yang Jarang Diketahui

Selasa, 15 November 2022 - 10:18 WIB
loading...
4 Harta Karun Kekayaan Alam Rusia Terbesar yang Jarang Diketahui
Saat ini minyak dan gas bumi (migas) ibarat arteri atau nadi ekonomi Rusia, tapi banyak yang belum diketahui jika Moskow ternyata menyimpan cadangan mineral besar lainnya. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Perang Rusia Ukraina yang terjadi saat ini bukan lagi hanya perang militer, tetapi juga perang ekonomi hingga energi. Saat ini minyak dan gas bumi (migas) ibarat arteri atau nadi ekonomi Rusia, tapi banyak yang belum diketahui jika Moskow ternyata menyimpan harta karun logam berharga yang sangat besar.

Baca Juga: Diserbu Rusia, Ternyata Ukraina Simpan Harta Karun Berharga

Rusia merupakan produsen minyak ke-3 terbesar dunia, setelah Arab Saudi dan Amerika Serikat (AS). Uni Eropa selama ini mendapat pasokan sekitar 40% gas Rusia; AS mengimpor 3% minyak dari Rusia; sedangkan Inggris mengimpor sekitar 6% dari minyak Rusia (Milman, 2022).

Karena itu, AS dan Uni Eropa menghentikan pasokan bahan bakar fosil (minyak dan gas) dari Rusia, untuk membekukan mobilitas mesin perang Rusia dalam perang melawan Ukraina.

Baca Juga: Menguak Harta Karun Donetsk, Wilayah Ukraina yang Diakui Putin Jadi Negara Merdeka

Menjadi negara terluas di dunia, cakupan wilayah Rusia mencapai seperdelapan luas daratan bumi. Penduduknya menduduki peringkat kesembilan terbanyak di dunia dengan jumlah sekitar 147.190.000 jiwa.

Rusia juga memiliki cadangan logam berharga dengan jumlah sangat besar, yang menyumbang sebagian besar dari ekspor negara ini. Berikut beberapa harta karun kekayaan alam Rusia terbesar yang dirangkum dari berbagai sumber, antara lain:

1. Emas

Kandungan emas Rusia sangat besar, dimana sebanyak 83% emas Eropa berasal dari Moskow. Diketahui Rusia yang telah meningkatkan produksinya setiap tahun sejak 2010.

Saat ini Rusia adalah produsen emas terbesar ketiga di dunia setelah Australia dan China, menyumbang sekitar 10% dari produksi tambang global. Jumlahnya sebesar 300 ton emas yang diproduksi Rusia pada tahun 2021 menurut USGS.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1508 seconds (10.55#12.26)