3 Perbedaan BRICS dan G7, dari Tahun Berdiri hingga Fokus Utama

Rabu, 23 November 2022 - 14:41 WIB
loading...
A A A
Setelah Afrika Selatan bergabung pada tahun 2010, namanya berubah menjadi BRICS, yang merupakan akronim dari Brazil, Rusia, India, China, dan Afrika Selatan.

Keanggotaan BRICS ke depan diperkirakan akan bertambah dengan beberapa negara yang telah mengajukan minatnya untuk bergabung seperti Argentina dan Iran.

Sementara G7 beranggotakan Kanada, Prancis, Jerman, Italia, Jepang, Inggris, dan Amerika Serikat, serta beberapa perwakilan dari Uni Eropa.

Dimana telah dijelaskan di atas bahwa organisasi ini sempat bernama G8 setelah Rusia masuk. Namun kembali menjadi G7 setelah Negeri Tirai Besi itu dikeluarkan.

Negara negara G7 ini harus memiliki PDB tahunan gabungan sebesar USD 40 triliun, atau hanya di bawah setengah ekonomi global.

Baca juga : Rusia: Negara-negara BRICS Akan Berada di Jantung Tata Dunia Baru

3. Fokus BRICS dan G7

Sebagai organisasi yang baru terbentuk fokus utama BRICS masih pada bagaimana cara untuk meningkatkan kondisi ekonomi di negara anggota saja, menurut laman Library of Congress.

Setiap tahunnya BRICS juga melakukan KTT, yang mana pada pertemuan tahun depan rencananya akan membahas keanggotaan baru yakni Argentina dan Iran.

Sedangkan untuk fokus G7 ditempati oleh negara dengan kekuatan ekonomi yang besar dan memiliki fokus yang lebih luas.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1679 seconds (0.1#10.140)