Wajah Baru Taman Mini Bikin Penasaran? Cek Harga Tiket Masuk dan Wahana di TMII

Kamis, 24 November 2022 - 12:16 WIB
loading...
A A A


Sementara itu, dengan wajah barunya, TMII menyuguhkan beragam wahana yang menarik, menghibur sekaligus mengedukasi. Mengutip laman resmi TMII, berikut ini sejumlah wahana yang bisa dinikmati pengunjung:

1. Wahana Rekreasi
Wahana rekreasi yang tersedia di TMII antara lain Istana Anak-Anak Indonesia, Teater IMAX Keong Mas, Kereta Gantung, Monorel Titihan Samirono, Taman Budaya Tionghoa Indonesia, Taman Among Putro Skyworld, Snowbay Waterpark, dan lain-lain.

• Istana Anak-Anak Indonesia
Istana anak merupakan bangunan yang mirip dalam dongeng Cinderella. Bangunan utamanya bernama Graha Widya Tama yang terdiri empat lantai. Di dalamnya tersaji pameran wayang dan peragaan aneka permainan tradisional anak Indonesia.

• Teater IMAX Keong Mas
Gedung teater ini menjadi tempat pemutaran serta pertunjukan film khusus berteknologi canggih. Dalam pendiriannya, bangunan ini dimaksudkan untuk sarana rekreasi guna memperkenalkan kekayaan alam dan budaya Indonesia melalui tayangan yang menggunakan sinematografi modem proyektor IMAX.

• Kereta Gantung
Kereta Gantung menjadi salah satu wahana rekreasi paling populer dan diminati di TMII. Wahana ini memiliki tiga stasiun (A, B, C) dengan lintasan stasiun A-B dan C, serta sebaliknya.

2. Anjungan Daerah
Anjungan Daerah mencakup bangunan rumah adat khas Indonesia. Tercatat, ada sekitar 33 Anjungan Daerah yang didirikan mengelilingi danau Miniatur Arsipel Indonesia.

Tiap provinsi menampilkan sekurangnya tiga bentuk rumah adat khas daerah. Bentuk rumah adat dibuat sesuai bangunan asli, baik ukuran, bentuk atap, ragam hias, susunan ruangan, bentuk jendela, tangga, dan detail lainnya.

Bahkan, ada yang langsung dipindahkan dari daerahnya, seperti rumoh Aceh Cut Meutia yang langsung diboyong dari provinsi Nangroe Aceh Darussalam.

Dalam pembuatannya, wahana ini ditujukan untuk memberi informasi tentang rumah adat yang berasal dari berbagai suku di Indonesia. Selain itu, wahana ini juga digunakan sebagai tempat pameran dan peragaan beragam benda sejarah dan warisan bangsa.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1163 seconds (0.1#10.140)