Dukung Sail Tidore, Luhut: Banyak Harta Karun yang Bisa Digali

Minggu, 27 November 2022 - 08:15 WIB
loading...
Dukung Sail Tidore, Luhut: Banyak Harta Karun yang Bisa Digali
Laut sekitar Pulau Tidore menyimpan banyak harta karun yang memesona. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut B. Pandjaitan mengatakan, Sail Tidore 2022 merupakan bukti komitmen pemerintah untuk terus mendukung pemulihan pariwisata nasional. Pasalnya, pariwisata memiliki kontribusi besar terhadap perekonomian nasional.



“Acara ini merupakan bukti komitmen pemerintah untuk terus mendukung pemulihan pariwisata nasional,” kata Menko Luhut saat menghadiri acara puncak Sail Tidore 2022, di Pantai Tugulufa, Kota Tidore Kepulauan, Maluku Utara, Sabtu (26/11/2022).

Menko Luhut menambahkan, Sail Tidore dapat menjadi kesempatan Indonesia untuk me-rebranding wisata bahari Nusantara. Tidak hanya itu, Sail Tidore juga dapat dijadikan memomentum untuk memperkuat branding BanggaBerwisataDiIndonesiaAja.
Bagaimanapun Indonesia memiliki panorama alam yang luar biasa yang bisa dijadikan obyek wisata. Lokasi Sail Tidore ke-12 sendiri diselenggarakan di Kota Tidore yang memiliki beragam pesona, dimulai dari warisan sejarah hingga alam bahari yang menyimpan banyak harta karun unik.

"Kekayaan itu memberikan pesan kepada kita untuk memanfaatkannya sebaik mungkin, khususnya melalui acara ini,” ujar Menko Luhut.

Menko Luhut meminta kepada Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Perdagangan, dan pemerintah daerah agar dapat mengoptimalkan pemanfaatan potensi pariwisata Tidore ke depannya. Ada beberapa daya tarik yang dimiliki Tidore untuk pariwisata.

"Banyak harta karun yang dapat kita gali di Tidore. Pertama wisata bawah air yang memendam benda muatan asal kapal tenggelam dan bernilai sejarah yang dapat dijadikan atraksi wisata minat khusus. Kedua potensi Tidore sebagai jalur strategis sailing yang dapat kita manfaatkan untuk menarik kapal-kapal yacht. Ketiga sektor unggulan pertanian seperti cengkeh dan pala yang dapat dipasarkan secara luas,” katanya.

Menko Luhut juga mengajak semua yang hadir untuk ikut berpartisipasi dalam festival dan lomba, berbelanja produk-produk UMKM lokal dan daerah, serta promosikan acara Sail Tidore ini di berbagai kenal media sosial.



“Sambil menjelajah keindahan Tidore, mari kita dukung Tidore semakin dikenal lebih luas oleh masyarakat di Nusantara maupun internasional,” tutup Menko Luhut.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1856 seconds (0.1#10.140)