Luar Biasa! Ada 2 Sekolah Dekat Episentrum Gempa Cianjur Tetap Kokoh, PUPR Ungkap Rahasianya

Minggu, 27 November 2022 - 09:15 WIB
loading...
Luar Biasa! Ada 2 Sekolah Dekat Episentrum Gempa Cianjur Tetap Kokoh, PUPR Ungkap Rahasianya
SD Kidang Kencana yang dibangung dengan teknologi RISHA. Foto/anibuku
A A A
JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat ( PUPR ) membagikan beberapa foto sekolah yang dibangun dengan menggunakan teknologi RISHA (Rumah Instant Sederhana Sehat Tahan Gempa) di Cianjur, Jawa Barat. Sekolah-sekolah tersebut tahan terhadap gempa yang terjadi pada 21 November lalu.

Baca juga: Ini Daftar Ruas Jalan Tol Baru di Jawa Barat yang Siap Beroperasi Akhir Tahun 2022

Juru Bicara Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Endra S Atmawidjaja menjelaskan, posisi bangunan sekolah tersebut berada di Kec.Cilaku sebelah Kec. Cigunang yang menjadi episentrum gempa. Terdapat dua sekolah SD yg dibangun dengan menggunakan Teknologi RISHA, yakni SD Kidang Kencana dan SD Cibantala 1.

"Kami punya pengalaman membangun sekolah dengan teknologi RISHA yang kondisinya tetap aman pasca-gempa 21 Nov 2022 dengan skala 5.6 M di Kab Cianjur," kata Endra melalui pesan tertulisnya, dikutip Minggu (26/11/2022).

Luar Biasa! Ada 2 Sekolah Dekat Episentrum Gempa Cianjur Tetap Kokoh, PUPR Ungkap Rahasianya


Menurutnya, kondisi bangunan sekolah tersebut saat ini masih berdiri kokoh di saat sekolah lain terdampak cukup parah. Sebab pembangunan sekolah-sekolah lain tidak menggunakan teknologi RISHA.

"Kondisi struktur dan keseluruhan bangunan aman dari kerusakan pascagempa. Sekolah lain yang dibangun secara konvensional terindikasi retak cukup parah," lanjut Endra.

Lebih lanjut Endra menjelaskan sekolah tersebut dibangun pada tahun 2020 dengan menggunakan teknologi tahan gempa, karena mempertimbangkan lokasi yang berada pada zona gempa moderate ke atas.

Baca juga: Kehabisan Senjata, Rusia Tembakkan Rudal Tua dan Kosong

"Beberapa sekolah di Banten, Sulteng, Sulbar, Nias, dan NTB yang rentan bencana juga sudah menerapkan teknologi RISHA," pungkasnya.

(uka)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1871 seconds (11.210#12.26)