SINDOnews Sabet Penghargaan Indonesia's SDGs Action Award 2022 dari Bappenas

Kamis, 01 Desember 2022 - 14:43 WIB
loading...
SINDOnews Sabet Penghargaan Indonesias SDGs Action Award 2022 dari Bappenas
SINDOnews.com menyabet penghargaan bergengsi Indonesias SDGs Action Award 2022 yang diselenggarakan Kementerian PPN/Bappenas. Foto/MPI/Ikhsan PSP
A A A
JAKARTA - Portal berita SINDOnews.com menyabet penghargaan bergengsi Indonesia's SDGs Action Award 2022 yang diselenggarakan Kementerian PPN/Bappenas.

Ajang penganugerahan dilaksanakan di Hotel The Sultan, Jakarta, pada hari ini. Penghargaan diserahkan oleh Menteri PPN/Bappenas Suharso Monoarfa.

Dalam sambutannya, Suharso berharap target ekonomi hijau bisa tercapai bukan hanya net zero emission pada 2060 tapi Produk Domestik Bruto (PDB) juga selaras dengan pertumbuhan ekonomi hijau.

"Atau setidaknya backbone dalam pertumbuhan ekonomi di-drive oleh ekonomi hijau mencapai 6,1-6,5% sampai tahun 2050," ujarnya di Jakarta, Kamis (1/12/2022).

Baca juga: Indonesia SDGs Award (ISDA) 2022 CFCD Digelar, MNC Group Raih Penghargaan

Jika rencana tersebut berjalan dengan baik, maka diperkirakan pada tahun 2030 akan tercipta 1,8 juta lapangan pekerjaan hijau. "Diperkirakan dapat membentuk green jobs sekitar 1,8 juta pada 2030," ucap Suharso.

Menurut dia, kerja sama dengan semua pihak sangat diperlukan dalam rangka melakukan akselerasi tersebut, terutama yang didukung oleh penguatan kerangka regulasi. Tak lupa, Suharso juga turut memberikan apresiasi kepada semua pihak yang turut andil dalam program SDGs.

"Saya memberikan penghargaan, penghormatan dan Anda semua orang hebat yang telah berpartisipasi dalam SDGs ini, yang terpenting kita senantiasa melakukan aksi itu," tandasnya.

Mengutip laman sdgs.bappenas.go.id, Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) atau Sustainable Development Goals (SDGs) adalah pembangunan yang menjaga peningkatan kesejahteraan ekonomi masyarakat secara berkesinambungan, pembangunan yang menjaga keberlanjutan kehidupan sosial masyarakat, pembangunan yang menjaga kualitas lingkungan hidup, serta pembangunan yang menjamin keadilan dan terlaksananya tata kelola yang mampu menjaga peningkatan kualitas hidup dari satu generasi ke generasi berikutnya.

Baca juga: Apresiasi ISDA 2022, Bappenas: Kontribusi Nyata Pelaku Usaha untuk Capai SDGs

TPB/SDGs yang merupakan komitmen global dan nasional dalam upaya untuk menyejahterakan masyarakat mencakup 17 tujuan, sebagai berikut:
1. Tanpa Kemiskinan
2. Tanpa Kelaparan
3. Kehidupan Sehat dan Sejahtera
4. Pendidikan Berkualitas
5. Kesetaraan Gender
6. Air Bersih dan Sanitasi Layak
7. Energi Bersih dan Terjangkau
8. Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi
9. Industri, Inovasi dan Infrastruktur
10. Berkurangnya Kesenjangan
11. Kota dan Permukiman yang Berkelanjutan
12. Konsumsi dan Produksi yang Bertanggung Jawab
13. Penanganan Perubahan Iklim
14. Ekosistem Lautan
15. Ekosistem Daratan
16. Perdamaian, Keadilan dan Kelembagaan yang Tangguh
17. Kemitraan untuk Mencapai Tujuan

(ind)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3034 seconds (11.97#12.26)