Jokowi Bagi-bagi 1,5 Juta Sertifikat Tanah, Siapa Penerimanya?

Kamis, 01 Desember 2022 - 17:48 WIB
loading...
Jokowi Bagi-bagi 1,5 Juta Sertifikat Tanah, Siapa Penerimanya?
Membagikan sertifikat tanah sebanyak 1.552.000 sertifikat, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menanyakan kepada penerima apabila ada yang tidak senang akan ditukar sepeda. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) membagikan sertifikat tanah sebanyak 1.552.000 sertifikat bagi masyarakat yang tersebar di 34 provinsi di Indonesia. Pembagian tersebut dilakukan secara langsung di Istana Negara dan secara daring.

"Siang hari ini saya senang karena 1.552.000 sertifikat dibagikan di 34 provinsi. Baik diterima langsung yang hadir di Istana maupun yang hadir di provinsi masing-masing," kata Jokowi dalam sambutannya yang disiarkan YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (1/12/2022).



Usai menerima, Jokowi pun meminta warga pun untuk menunjukkan sertifikatnya. Kepala Negara itu kembali menanyakan sertifikat tersebut, dirinya berani menukar dengan sepeda jika warga tak mau.

"Bapak ibu ini senang gak sih terima sertifikat?," tanya Jokowi.

"Senang," jawab warga yang hadir di istana.

"Yang tidak senang tunjuk jari, saya beri sepeda. Silakan," tanya Jokowi lagi.

"Senang semuanya ya?," kata Jokowi.

"Senang," kata Warga.

Jokowi mengatakan dengan adanya sertifikat tersebut warga dapat mengetahui luas tanah yang dimilikinya. Dan Jokowi mewajibkan warga untuk tahu hal tersebut.

"Karena sertifikat adalah tanda hak hukum atas tanah yang kita miliki. Jadi semuanya harus tahu. Kalau yang belum tahu itu dibaca semuanya dan disitu berapa meter persegi," jelasnya.



Di antara sertifikat yang dibagikan Jokowi, terdapat sertifikat hasil penyelesaian konflik pertanahan di beberapa wilayah. Salah satunya penyelesaian konflik Suku Anak Dalam (SAD) 113 di Provinsi Jambi yang sudah berlangsung selama 35 tahun.

"Lebih dari 35 tahun enggak rampung rampung. Ya memang sulit kalau sudah sengketa hukum itu sulit, sulit menghabiskan tenaga uang pikiran betul betul sulit. Dan alhamdulillah sekarang suku anak dalam 744 bidang sudah di selesaikan semuanya dan 1 keluarga dapat berapa hektar pak? 1 hektare, dah rampung dulu. Ini sudah 35 tahun gak selesai selesai. Sekarang bisa diselesaikan," kata Jokowi.

"Karena apa? Turun ke lapangan. Pak wamen turun ke lapangan, pak menteri turun ke lapangan, kanwilnya turun ke lapangan, rampung. Kita ini kalau punya masalah dan masalahnya jelas gampang kok diselesaikan, asal di lapangan diikuti. Kalau hanya duduk di kantor ya gak akan selesai selesai sampai kapanpun," tambahnya.

(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2399 seconds (0.1#10.140)