Profil Wempi Saputra, Orang Indonesia yang Jadi Direktur Eksekutif Bank Dunia untuk Asia Tenggara

Selasa, 13 Desember 2022 - 15:45 WIB
loading...
Profil Wempi Saputra, Orang Indonesia yang Jadi Direktur Eksekutif Bank Dunia untuk Asia Tenggara
Wempi Saputra belakngan ini menjadi perbincangan hangat. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Wempi Saputra belakangan ini menjadi perbincangan hangat. Hal itu terjadi setelah dirinya diberikan amanah sebagai Direktur Eksekutif Bank Dunia yang baru.

Adapun kabar tersebut telah dikonfirmasi oleh Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kemenkeu Febrio Nathan Kacaribu yang telah memberi ucapan selamat kepada Wempi melalui akun media sosialnya.

Baca juga : Keren! Anak Buah Sri Mulyani Jadi Direktur Eksekutif Bank Dunia, Ini Profilnya

Lantas, siapakah sebenarnya Wempi Saputra ini?

Wempi Saputra sebelumnya berstatus sebagai Staf Ahli Menteri Keuangan Indonesia. Mengutip informasi dari laman resmi The World Bank, Selasa (13/12/2022), Wempi kini telah menempati posisi Direktur Eksekutif Bank Dunia untuk Asia Tenggara. Jabatan ini didudukinya per November 2022 lalu.

Dalam hal ini, pria kelahiran 12 Maret 1972 ini akan mewakili beberapa negara seperti Indonesia, Brunei Darussalam, Fiji, Laos, Malaysia, Myanmar, Singapura, Nepal, Thailand, Vietnam, hingga Tonga.

Pada riwayat pendidikannya, Wempi Saputra pernah meraih gelar Diploma dalam bidang Customs and Excise dari STAN (1995), kemudian Sarjana Ekonomi dari Universitas Indonesia (1999), Magister bidang Public Finance dari National Graduate Institute for Policy Studies (2003), serta gelar PhD di bidang Ekonomi dari Nagoya University (2021).

Beralih ke kariernya, Wempi memulai perjalanan di Kementerian Keuangan Indonesia pada tahun 1995. Seiring waktu, dia telah banyak mengabdi untuk Kemenkeu di berbagai posisi strategis.

Baca juga : Bank Dunia Sarankan Indonesia Prioritaskan Reformasi Perpajakan

Sebut saja seperti Direktorat Jenderal Bea Cukai sebagai Head of Customs Patro Office (2011), Wakil Kepala Staf Kementerian Keuangan (2012), Chief Change Management Officer dari Central Transformation Office (2014), Head of the Business Process Division, Organization and Business Process Bureau (2017), Direktur Pusat Analisis dan Harmonisasi Kebijakan Menteri Keuangan (2017), hingga Staf Ahli Kementerian Keuangan (2021).

Selain bergulat di Kementerian Keuangan Indonesia, Wempi Saputra juga berperan menjadi Deputi Keuangan G20 Indonesia (2021-sekarang), Ex Officio Governor of International Fund for Agricultural Development (IFAD), Ex Officio Director for Constituency 11 of Asian Infrastructure Investment Bank (AIIB), hingga Kepala Sekretariat Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) (2021-sekarang).

Terbaru, Wempi telah ditunjuk sebagai Direktur Eksekutif Bank Dunia untuk Asia Tenggara.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6937 seconds (0.1#10.140)