4 Direktur Bank Dunia dari Indonesia, Nomor 3 Pegawai Kementerian Keuangan

Rabu, 14 Desember 2022 - 12:38 WIB
loading...
4 Direktur Bank Dunia dari Indonesia, Nomor 3 Pegawai Kementerian Keuangan
Tercatat sudah ada 4 orang Direktur Bank Dunia dari Indonesia yang sukses membangun pertumbuhan ekonomi dunia. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Tercatat sudah ada 4 orang Direktur Bank Dunia dari Indonesia yang sukses membangun pertumbuhan ekonom i dunia. Mereka terpilih berdasarkan prestasi dalam bidang ekonomi yang dimilikinya.

Bank Dunia merupakan sebuah lembaga keuangan internasional yang menyediakan pinjaman kepada negara berkembang untuk program pemberian modal. Tujuan resmi Bank Dunia adalah pengurangan kemiskinan.

Baca juga : Profil Wempi Saputra, Orang Indonesia yang Jadi Direktur Eksekutif Bank Dunia untuk Asia Tenggara

Berikut 4 Direktur Bank Dunia dari Indonesia sepanjang sejarah :

1. Sri Mulyani

Sri Mulyani Indrawati, merupakan perempuan kelahiran Bandar lampung pada 26 Agustus 1962. Dia adalah orang pertama dari Indonesia yang menjadi Direktur Pelaksana Bank Dunia.

Dikutip dari ekon, Sri Mulyani menjabat sebagai seorang Direktur bank dunia mulai dari 1 juni 2010, pada waktu tersebut bertepatan dengan jabatannya menjadi seorang menteri keuangan.

Dengan adanya jabatan baru menjadi direktur bank dunia tersebut maka Sri Mulyani meninggalkan jabatannya sebagai menteri keuangan pada saat kabinet Indonesia bersatu.

Terpilihnya Sri Mulyani menjadi Direktur Bank Dunia karena segudang prestasi yang dimilikinya dalam bidang keuangan. Pada tahun 2006 hingga 2008 ia dinobatkan sebagai menteri keuangan terbaik di Asia dan juga wanita paling berpengaruh ke-23 di dunia.

2. Mari Elka Pangestu
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1360 seconds (0.1#10.140)