Bertemu PM Belanda, Jokowi Bahas Kerja Sama Investasi dan Transisi Energi

Kamis, 15 Desember 2022 - 06:31 WIB
loading...
Bertemu PM Belanda, Jokowi Bahas Kerja Sama Investasi dan Transisi Energi
Presiden Jokowi melakukan pertemuan bilateral dengan PM Belanda Mark Rutte di Brussels, Belgia, Rabu (14/12/2022). Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) di sela kunjungannya ke Belgia melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri (PM) Belanda Mark Rutte di Brussels, Rabu (14/12).

Dalam pertemuan tersebut, Jokowi menyampaikan terima kasih atas kehadiran dan dukungan Belanda bagi kesuksesan Presidensi G20 Indonesia.

“Presidensi yang sulit, tapi akhirnya berakhir dengan hasil yang baik. Deklarasi dapat disepakati dan daftar kerja sama konkret yang akan sangat berguna bagi dunia,” kata Jokowi dalam keterangannya, Kamis (15/12/2022).



Kepala Negara juga menyampaikan harapannya agar Kemitraan ASEAN dengan Uni Eropa akan dapat lebih diperkuat ke depan, mengingat tahun depan Indonesia menjadi Ketua ASEAN.

Pada kesempatan tersebut, Jokowi dan PM Rutte juga membahas sejumlah isu. Mulai dari perundingan perjanjian kemitraan ekonomi komprehensif Indonesia dengan Uni Eropa (Indonesia-EU CEPA), kerja sama transisi energi, kerja sama investasi, hingga kerja sama penanggulangan kejahatan lintas batas.



Turut mendampingi presiden Jokowi pada pertemuan tersebut yaitu Menteri Koordinator (Menko) bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno, Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita, dan Duta Besar (Dubes) RI Brussels Andri Hadi.

Sebagai informasi, presiden Jokowi bersama para menteri berada di Belgia dalam rangka menghadiri KTT Peringatan 45 Tahun ASEAN-Uni Eropa.

(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1870 seconds (0.1#10.140)