Makna Kode 31 dan 34 di SPBU Pertamina, Ada Hubungan dengan Takaran?

Jum'at, 16 Desember 2022 - 10:05 WIB
loading...
A A A
Sementara, angka kedua dari dua angka awal adalah kode kepemilikan sebuah SPBU Pertamina. Jika angka keduanya adalah 1, maka berarti SPBU tersebut merupakan milik dan dikelola Pertamina sepenuhnya (COCO).

Jika terdapat angka 3, berarti pom bensin tersebut merupakan milik Pertamina namun dikelola oleh pihak swasta (CODO). Yang terakhir, jika terdapat angka 4 maka hal ini berarti pom bensin tersebut sepenuhnya dimiliki dan dikelola oleh pihak swasta (DODO).

Umumnya SPBU berkode 31 dan 34 ini yang paling dikontraskan. Maklumlah, di kalangan masyarakat masih terselip anggapan bahwa SPBU yang dikelola oleh Pertamina takarannya "pasti pas". Beda jika SPBU itu dikelola oleh swasta utuh, kerap memunculkan anggapan takarannya kurang.

Makanya, terkadang kita melihat ada SPBU Peramina berkode 31 yang selalu ramai karena diserbu masyarakat, di sisi lain ada SPBU yang justru dijauhi. Padahal, semua SPBU Pertamina harus mengikuti aturan yang berlaku, termasuk urusan takaran.

Memahami kode-kode SPBU Pertamina menjadi terasa penting. Pasalnya, jumlah SPBU Pertamina mencapai 6.554 unit atau sekitar 97% dari total SPBU yang ada di seluruh Indonesia.



Paling banyak SPBU Pertamina ada di Jawa Barat, yakni 999 unit. Lalu diikuti Jawa Timur dan Jawa Tengah dengan jumlah SPBU sebanyak 927 unit dan 735 unit.

(uka)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0989 seconds (0.1#10.140)