Profil PT Bayan Resources, Perusahaan Tambang Milik Low Tuck Kwong

Selasa, 27 Desember 2022 - 21:48 WIB
loading...
Profil PT Bayan Resources, Perusahaan Tambang Milik Low Tuck Kwong
Sosok Low Tuck Kwong mungkin sudah tak asing lagi bagi sebagian orang di Indonesia. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Sosok Low Tuck Kwong mungkin sudah tak asing lagi bagi sebagian orang di Indonesia. Namanya dikenal sebagai pengusaha sukses yang baru-baru ini menjadi orang terkaya di Indonesia.

Sebagai seorang pengusaha, Low Tuck Kwong adalah pendiri Bayan Resources. Pada perkembangannya, Bayan Resources ini menjadi salah satu perusahaan besar yang beroperasi di sektor pertambangan batu bara .

Mengutip informasi dari laman PT Bayan Resources Tbk, sejarah keberadaan Bayan Resources ini berawal dari Bayan Group. Hal ini bermula pada minat bisnis Low Tuck Kwong di tahun 1973.

Baca juga : Berbagi Ilmu Mahalnya Perjalanan Jadi Pengusaha Sukses

Kala itu, dia mendirikan PT Jaya Sumpiles Indonesia (JSI) sebagai kontraktor pekerjaan tanah hingga pekerjaan umum. Dalam riwayatnya, Jaya Sumpiles Indonesia (JSI) ini menjadi kontraktor terkemuka di Indonesia selama era 1980an sampai 1990an.

Sekitar tahun 1988, JSI terjun ke sektor pertambangan batubara dan menjadi kontraktor tambang terkemuka hingga 1998. Saat itu, Low Tuck Kwong juga mengakuisisi PT Gunungbayan Pratamacoal (GBP) dan PT Dermaga Perkasapratama (DPP).

Seiring waktu, Bayan Group terus berkembang di bawah kepemimpinan Dr. Low Tuck. Dalam hal ini, mereka berubah menjadi perusahaan tambang batubara terintegrasi yang punya reputasi.

Selain itu, Bayan Group juga kerap disebut sebagai inovator di bidang industri pertambangan batubara dengan metode dan teknologi baru.

Baca juga : 4 Tips Jitu Jadi Pengusaha Sukses ala Erick Thohir

Sebagai contoh, mereka menjadi perusahaan tambang pertama di Indonesia yang menggunakan through-seam blasting di tambang Wahana, kemudian metode pertambangan dozer-push di tambang Tabang, hingga penggunaan truk pengangkutan batubara terbesar di Indonesia dengan kapasitas mencapai 200-220 ton.

Terbaru, harga saham PT Bayan Resources (BYAN) mengalami kenaikan. Hal ini membuat pemiliknya, yakni Low Tuck Kwong turut mengalami lonjakan kekayaan dan menduduki peringkat pertama orang terkaya di Indonesia versi Forbes.

Menurut data real time Forbes per Selasa, (27/12/2022) pukul 15.57 WIB, nilai kekayaan yang dimiliki Low Tuck Kwong mencapai USD31,5 miliar atau sekitar Rp492 triliun (Kurs Rp15.620 per USD).
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1616 seconds (0.1#10.140)