Pembalasan Kremlin ke Barat Soal Batasan Harga Minyak Tidak Sepadan, Benarkah Rusia Rentan?

Rabu, 28 Desember 2022 - 14:56 WIB
loading...
A A A
"Dekrit itu tidak jelas dan memberi Putin opsi untuk menjaga ekspor tetap berjalan ke negara-negara tertentu yang mematuhi batas tersebut," kata Simone Tagliapietra, seorang peneliti senior di lembaga think tank Bruegel di Brussels.

"Secara keseluruhan, ini adalah tanda bahwa Rusia berada dalam situasi yang rentan, membutuhkan pendapatan minyak dan oleh karena itu tidak dapat mengambil tindakan pembalasan yang drastis," bebernya.

Sementara perintah Putin mengancam akan mengganggu pasar, investor tampaknya sejauh ini mengabaikannya. Kontrak berjangka untuk minyak mentah Brent, yang mengukur harga global terpantau naik tipis sekitar 0,5% lebih tinggi pada hari Selasa menjadi USD 84,33 per barel.

Di sisi lain para pejabat Rusia telah mengancam selama berminggu-minggu untuk memutus pasokan minyak mereka sebagai pembalasan atas pembatasan tersebut.

Bergabung dengan AS dalam memberlakukan sanksi batas harga baru adalah negara-negara kata G7, 27 anggota Uni Eropa dan Australia. Para pejabat Barat berusaha membatasi harga minyak Rusia dalam upaya untuk melemahkan mesin perang Kremlin sambil tetap menjaga minyak Rusia mengalir ke pasar dan karenanya menstabilkan harga global.

Seorang juru bicara Komisi Eropa mengatakan, bahwa UE telah melarang impor minyak Rusia. Hongaria dan beberapa negara Uni Eropa lainnya yang terkurung daratan mendorong pengecualian embargo untuk tetap mengimpor minyak Rusia. Kini Putin sekarang berpotensi dapat mematikan aliran itu.

"G-7 dan Australia telah berkomitmen untuk melarang atau menghapus impor minyak Rusia," kata juru bicara Departemen Luar Negeri.

Analis minyak dan pelacakan kapal mengatakan, produksi minyak mentah Rusia telah menurun sejak serangkaian sanksi mulai berlaku. Batas harga, bersama dengan embargo impor UE yang diluncurkan pada 5 Desember.

(akr)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1805 seconds (0.1#10.140)