Benarkah Resesi Bakal Datang di Tahun Baru 2023? Begini Prediksinya

Sabtu, 31 Desember 2022 - 23:29 WIB
loading...
Benarkah Resesi Bakal Datang di Tahun Baru 2023? Begini Prediksinya
Resesi sering mengejutkan semua orang, dan diperkirakan hal itu bakal terjadi pada tahun baru 2023. Begini pandangan para ekonom. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Resesi sering mengejutkan semua orang, dan diperkirakan hal itu bakal terjadi pada tahun baru 2023. Selama beberapa bulan terakhir, para ekonom telah memperingatkan resesi bakal datang mulai awal tahun depan.



Seberapa parah dan lamanya resesi tersebut masih diperdebatkan, tetapi ada kesamaan pendangan di antara para ekonom bahwa ekonomi global memasuki periode kontraksi.

"Secara historis, ketika ada inflasi tinggi dan The Fed (bank sentral Amerika) mendongkrak suku bunga untuk memadamkan inflasi, hal itu menghasilkan penurunan (ekonomi) atau resesi," kata Kepala ekonom di Moody's Analytics, Mark Zandi.

"Itu selalu terjadi-skenario overheating klasik yang mengarah pada resesi. Kami telah melihat cerita ini sebelumnya. Ketika inflasi meningkat dan The Fed meresponsnya dengan mendorong suku bunga, ekonomi pada akhirnya berada di bawah beban suku bunga yang lebih tinggi," bebernya.



Zandi merupakan sedikit dari para ekonom yang menyakini Federal Reserve dapat menghindari resesi dengan menaikkan suku bunga cukup lama untuk menghindari penurunan pertumbuhan. Namun dia mengatakan, perkiraan terbesar adalah ekonomi akan pingsan.

"Biasanya resesi menyelinap ke arah kita. CEO tidak pernah bicara resesi," ujar Zandi.

"Sekarang tampaknya CEO jatuh cinta pada diri mereka sendiri untuk mengatakan kita jatuh ke dalam resesi. ... Setiap orang di TV mengatakan resesi. Setiap ekonom mengatakan resesi. Saya belum pernah melihat yang seperti ini," bebernya.

Fed Biang Kerok
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.1995 seconds (0.1#10.140)