Bukan Resesi, Moody's Sebut Bakal Terjadi Slowcession di 2023

Kamis, 05 Januari 2023 - 14:01 WIB
loading...
Bukan Resesi, Moodys Sebut Bakal Terjadi Slowcession di 2023
Seorang wanita sedang berbelanja di pasar tradisional, di Nice, Prancis, 7 Juni 2022. FOTO/Reuters/Eric Gaillard
A A A
NEW YORK - Banyak CEO, investor, dan konsumen khawatir terjadinya resesi tahun ini.Namun Moody’s Analytics mengatakan, skenario yang lebih mungkin terjadi adalah slowcession atau perlambatan di mana pertumbuhan hampir terhenti tetapi penurunan ekonomi total dapat dihindari.

"Hampir semua skenario ekonomi akan mengalami tahun sulit di 2023," tulis Kepala Ekonom Moody's Analytics Mark Zandi, dilansir dari CNN International, Kamis (5/1/2023).



Namun demikian, inflasi tetap terkendali dan fundamental ekonomi dalam kondisi sehat. "Ada sedikit keberuntungan dan beberapa kebijakan yang cukup cekatan oleh The Fed untuk menghindari penurunan langsung," kata dia.

Menurut Moody's, slowcession diambil dari isitilah rekannya Cristian deRitis, yang artinya pertumbuhan ekonomi hampir terhenti tetapi tidak mengalami kejatuhan yang mendalam. "Pengangguran akan meningkat, tetapi tidak melonjak drastis," kata dia.

Pernyataan slowcession akan membantu ekonomi cepat pulih tidak menebar ketakutan. Pasalnya, kekhawatiran soal resesi telah mendorong pasar saham Amerika Serikat (AS) terpuruk. Ketakutan resesi tidak hanya terjadi saat ini tapi sejak 2008 silam berakibat pada rontoknya pasar modal AS.

Menurut CFRA Research penurunan 19,4% S&P 500 tahun lalu adalah penurunan terbesar keempat sejak 1945. Dengan Federal Reserve mengerem ekonomi AS untuk memadamkan inflasi para pemimpin bisnis dan CEO di AS semakin yakin tentang resesi 2023.

Istilah lain diungkapkan CEO Bank of America Brian Moynihan. Brian menyebut tahun 2023 akan terjadi resesi ringan. Sementara, Ekonom Bloomberg melihat peluang 70% dari resesi pada tahun 2023.

Meski demikian, Moody's yang penelitiannya sering dikutip Gedung Putih, tidak mengabaikan risiko penurunan dan memperingatkan bahwa resesi tetap menjadi ancaman serius dan mengatakan ekonomi sangat rentan terhadap guncangan. Moody's juga memperkirakan pengangguran akan meningkat hingga 4,2% pada akhir 2023 dari saat ini sebesar 3,7%.

Ada juga risiko nyata dari self-fulfilling prophecy, di mana pemilik bisnis dan konsumen khawatir takut terjadi resesi. Namun, ada alasan untuk tetap optimistis dengan hati-hati tentang apa yang ada di depan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3591 seconds (0.1#10.140)