10 Perusahaan Terkenal di Dunia Milik Vanguard Group, dari Layanan Telekomunikasi, Vaksin hingga Minuman Ringan

Jum'at, 13 Januari 2023 - 11:51 WIB
loading...
10 Perusahaan Terkenal di Dunia Milik Vanguard Group, dari Layanan Telekomunikasi, Vaksin hingga Minuman Ringan
Vanguard merupakan perusahaan investasi yang memiliki bentuk sama dengan BlackRock. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Vanguard merupakan perusahaan investasi yang memiliki bentuk sama dengan BlackRock. Perusahaan ini telah dibentuk oleh John C.Bogle pada tahun 1974 dengan nama The Vanguard Group of Investment Companies.

Pada tahap awal, Bogle menciptakan First Index Investment Trust pada tahun 1976, sekarang dikenal sebagai Vanguard 500 Index Fund (VFIAX). Meskipun pertumbuhan dana tersebut awalnya lambat, hingga kini vanguard berkembang pesat.

Berangkat dari perusahaan kecil tersebut, kini sudah ada banyak perusahaan terkenal milik Bogle yang cabangnya sudah tersebar di seluruh dunia dengan kepemilikan sahamnya yang sangat besar.

Baca juga : Profil Vanguard Group, Perusahaan Investasi Pemilik Saham Tesla hingga Starbucks

Berikut 10 perusahaan terkenal di dunia milik Vanguard Group yang tidak diketahui banyak orang.

1. AT&T Inc

AT&T Inc (AT&T) adalah penyedia layanan telekomunikasi, media, dan teknologi. Perusahaan menawarkan layanan komunikasi nirkabel, data/broadband dan internet, layanan telepon lokal dan jarak jauh, peralatan telekomunikasi, jaringan terkelola, dan layanan grosir.

Dikutip dari laman resmi milik vanguard, Vanguard pada perusahaan AT&T telah menguasai saham sebanyak 31.418.204 atau jika dijual senilai USD605.742.973.

2. Bank America Corp

Bank America Corp adalah sebuah perusahaan induk jasa keuangan dan bank investasi multinasional asal Amerika yang berkantor pusat di Charlotte, North Carolina, dengan pusat kegiatan di New York City, Dallas, Toronto, London, dan Hong Kong.

Vanguard memiliki saham sebanyak 30.809.717 atau jika dijual sebanyak USD1.166.147.788. Jumlah tersebut tentu sangat besar, sehingga kepemilikan dari vanguard sangat dominan dalam bank ini.

3.Pfizer Inc

Pfizer, Inc adalah salah satu perusahaan farmasi dan biomedis berbasis penelitian terbesar di dunia. Perusahaan ini berdedikasi untuk menemukan, mengembangkan, membuat , dan memasarkan obat resep untuk manusia dan hewan.

Mungkin banyak publik yang tidak mengetahui bahwa Pfizer Inc adalah milik dari vanguard dengan jumlah kepemilikan saham yang cukup besar yakni mencapai 24.793.838 atau senilai dengan USD1.242.915.099.

4. Comcast Corp

Comcast Corp (Comcast) adalah perusahaan media dan teknologi yang menawarkan layanan kabel, layanan video, protokol internet voice-over, dan layanan internet berkecepatan tinggi.

Perusahaan menawarkan layanan kabel melalui stasiun siaran lokal, jaringan siaran nasional, jaringan kabel nasional dan regional serta program akses pemerintah dan ke publik.

Kepemilikan saham vanguard dalam perusahaan ini cukup besar yakni 19.218.425 atau senilai dengan USD704.163.092. Dengan jumlah tersebut tentu membuat Comcast Corp diakui penuh oleh vanguard.

5. Verizon Communications Inc

Verizon Communications Inc (Verizon) menyediakan produk dan layanan komunikasi, informasi, dan hiburan. Perusahaan ini menawarkan layanan dan solusi suara, data dan video melalui jaringan nirkabel dan kabelnya.

Jumlah kepemilikan saham vanguard dalam verizon berjumlah 18.440.343 atau mencapai USD718.804.570. Jumlah tersebut tentu sangat besar, maka tak heran Verizon Communications Inc dimiliki oleh Vanguard.

6. Exxon Mobil Corp

Exxon Mobil Corp (ExxonMobil) adalah perusahaan minyak dan gas yang terintegrasi dengan cara menemukan, mengeksplorasi, mengembangkan, memproduksi minyak mentah, gas alam, dan cairan gas alam.

Exxon Mobil Corp adalah perusahaan dengan nilai jual yang sangat besar yakni mencapai USD2.037.544.713 atau dengan jumlah saham 18.300.204. Jumlah tersebut tentu sangat besar jika dibandingkan dengan perusahaan lain yang ada di bawahnya.

Baca juga : Perusahaan Investasi Asal Malaysia Kagum Lihat MNC Group

7. Coca-Cola Co

Coca-Cola Co adalah sebuah perusahaan multinasional asal Amerika Serikat dalam bidang minuman, termasuk pabrikan, pengecer dan pemasok konsentrat minuman non alkohol serta sirup, yang bermarkas di Atlanta, Georgia, Amerika Serikat.

Kepemilikan saham vanguard dalam coca cola cukup besar yakni 17.125.730 atau setara USD1.089.367.685 jika dijual dalam kurs dollar. Jumlah tersebut tentu sangatlah besar, mengingat jumlah Coca-cola sudah tersebar di seluruh dunia.

8. Johnson & Johnson

Johnson & Johnson (J&J) merupakan perusahaan yang meneliti, mengembangkan, memproduksi, menjual produk farmasi, peralatan medis dan produk konsumen. Perusahaan menyediakan obat-obatan untuk penyakit kekebalan tubuh, kanker, gangguan saraf, penyakit menular, kardiovaskular dan metabolisme

Kepemilikan saham vanguard dalam perusahaan Johnson & Johnson sebanyak 11.542.728 atau setara dengan USD2.054.605.584. Dengan jumlah tersebut vanguard memiliki saham terbesar, sehingga kepemilikan perusahaan Johnson diakuisisi penuh olehnya.

9. Chevron Corp.

Dikutip dari laman resmi Chevron, Chevron Corporation adalah salah satu perusahaan energi terbesar dunia asal Amerika. Chevron bergerak dalam setiap aspek industri minyak dan gas, termasuk eksplorasi dan produksi.

Kepemilikan saham vanguard dalam perusahaan besar ini mencapai 8.624.018 atau jika dijual mencapai USD1.580.868.740.

10. Home Depot Inc

Home Depot Inc atau yang sering disebut sebagai Home Depot, adalah perusahaan ritel perbaikan rumah multinasional Amerika yang menjual perkakas, produk konstruksi, peralatan termasuk persewaan bahan bakar dan transportasi. Home Depot saat ini menjadi pengecer perbaikan rumah terbesar di Amerika Serikat.

Kepemilikan saham Vanguard dalam Home Depot mencapai 4.533.636 atau jika dikalkulasi menggunakan dollar mencapai USD1.468.852.728. Dengan jumlah tersebut membuat Vanguard Group sangat dominan dan mengakuisisi secara penuh.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1074 seconds (0.1#10.140)