alexametrics

Ditanggung Pemerintah, Pajak UMKM Lebih Murah dari Biaya Parkir di Mall

loading...
Ditanggung Pemerintah, Pajak UMKM Lebih Murah dari Biaya Parkir di Mall
Pembayaran PPh Final UMKM yang ditanggung pemerintah ini lebih murah dibandingkan dengan biaya parkir di pusat perbelanjaan. Foto/Dok
A+ A-
Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan memastikan pemberian insentif pajak pada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) akan lebih meringankan pelaku usaha. Pasalnya dengan pembayaran PPh Final UMKM yang ditanggung pemerintah ini lebih murah dibandingkan dengan biaya parkir di pusat perbelanjaan.

(Baca Juga: 389 Ribu Wajib Pajak Ajukan Insentif Fiskal Covid-19)

Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Humas DJP, Hestu Yoga Saksama mengatakan, skema pembayaran pajak UMKM dengan tarif 0,5% dari omzet sudah diatur pada PP Nomor 23 Tahun 2018. Ditjen Pajak berusaha membantu UMKM di masa pandemi ini dengan menanggung PPh.

"Kita mau agar seluruh pelaku UMKM tanah air memanfaatkan fasilitas pajak penghasilan (PPh) Final selama pandemi Corona. Insentif pajak ini akan ditanggung pemerintah (DTP) sehingga pelaku tidak perlu membayarkan kewajibannya. Dan ini lebih murah ketimbang pajak parkir mall," ujar Hestu dalam diskusi virtual di Jakarta, Senin (13/7/2020).



(Baca Juga: Rincian Keringanan Pajak Bagi Dunia Usaha serta Barang Penanganan Covid-19)

Dia pun meminta kepada seluruh pelaku UMKM untuk memanfaatkan insentif PPh Final pada program PEN (Pemulihan Ekonomi Nasional). Pemerintah akan menanggung seluruh beban PPh Final UMKM yang usahanya terdampak Corona.



"Sekarang di masa pandemi yang 0,5% tadi cukup dihitung saja dan dilaporkan. Kami berharap semuanya lagi fokus ke usaha tetap jangan lupa memanfaatkan ini, hanya meminta pemberitahuan dan nggak harus membayar," tandasnya.
(akr)
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak
Top