MNC Securities: Sukuk ST-001 Investasi untuk Negara

Selasa, 30 Agustus 2016 - 12:47 WIB
MNC Securities: Sukuk ST-001 Investasi untuk Negara
MNC Securities: Sukuk ST-001 Investasi untuk Negara
A A A
JAKARTA - Analis PT MNC Securities Gilang Anindito mengatakan, sukuk tabungan ST-001 yang dikeluarkan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) merupakan bentuk investasi untuk negara. Dana yang terkumpul akan digunakan sebagai bagian dari pembiayaan pembangunan nasional.

(Baca: Pemerintah Tawarkan Sukuk Tabungan dengan Bunga 6,9%)

Gilang menjelaskan, penerbitan sukuk pemerintah dijamin dalam Undang-Undang No 19 Tahun 2008 tentang SBN. Sehingga aman sebagai salah satu alternatif investasi.

"Tujuannya pembiayaan APBN dan pembangunan proyek. Buat investor, selain alternatif kita punya saham dan deposito, ini alternatif investasi lainnya," ujarnya di Jakarta, Selasa (30/8/2016).

Menurutnya, imbal hasil dari semua jenis investasi sukuk juga cukup tinggi. Baik itu memilih menempatkan dana di sukuk ritel maupun tabungan.

"Bisa peroleh imbal hasil yang baik, sukuk negara ada tujuh. Fokus kita di domestik, ritel, investor ritel basisnya besar bisa beli konvensional dan syariah," kata Gilang.

Dia menambahkan, penerbitan sukuk sebagai pilihan investasi bisa dilakukan pemerintah dan swasta. Tujuannya sama-sama untuk mencari pembiayaan di luar perbankan dan pasar modal. "Sukuk diterbitkan oleh pemerintah dan swasta. Sukuk negara ST-001 diterbitkan negara bukan swasta," pungkasnya.

Baca Juga:

Punya Rp2 Juta Bisa Beli Sukuk ST-001, Untung Rp11.400/Bulan
Bank Syariah Mandiri Targetkan Jualan Sukuk Tabungan Rp300 Miliar
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6428 seconds (0.1#10.140)