Mendag Tak Ambil Pusing Harga Cabai di Ibu Kota Meroket

Kamis, 05 Januari 2017 - 13:55 WIB
Mendag Tak Ambil Pusing Harga Cabai di Ibu Kota Meroket
Mendag Tak Ambil Pusing Harga Cabai di Ibu Kota Meroket
A A A
JAKARTA - Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita nampak santai dengan melambungnya harga cabai yang dijual di Ibu Kota Jakarta. Menurutnya, saat ini harga cabai belum terlalu meroket drastis, sehingga belum dibutuhkan penanganan khusus.

(Baca: Harga Cabai Tembus Rp250 Ribu/Kg, Mendag Salahkan Cuaca)

"Kalau (lonjakan harga cabai) masih dalam disparitas yang tidak terlalu besar, ya sudah biarkan saja dulu. Kalau tinggi sekali baru kita (tangani)," katanya di Menara Bidakara, Jakarta, Kamis (5/1/2017).

Enggar mengungkapkan, kelangkaan cabai saat ini hanya terjadi di beberapa wilayah saja seperti Samarinda dan Balikpapan. Sementara, di Manado dan Gorontalo stoknya berlimpah dan harganya sangat murah.

"Di Manado dan Gorontalo harga (cabai) murah sekali. Mereka over supply. Di beberapa daerah seperti Cianjur juga murah," imbuh dia.

Sementara, lonjakan harga cabai yang terjadi di Jakarta, tambah politisi Partai Nasdem ini, terjadi karena faktor cuaca. Sejumlah sentra produksi cabai di Indonesia enggan mengirimkan cabai ke Jakarta karena hujan.

"Ini masalah di iklim. Mereka tidak mau memetik. Stok ada, di beberapa daerah berlebih. Cuma pengirimannya yang menjadi soal karena cuaca. Mereka di desa tidak mau kirim karena cuaca dan kesulitan itu. Ini segera kita ambil untuk dikirim ke beberapa kota yang bermasalah," tandasnya.

Baca Juga:

Harga Cabai Rawit di Daerah Ini Meroket Tembus Rp150 Ribu/Kg
Mentan Amran Tidak Percaya Harga Cabai Melambung
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6827 seconds (0.1#10.140)