Pesanan Pabrik di Jerman Naik Moderat 0,8%

Kamis, 06 November 2014 - 16:03 WIB
Pesanan Pabrik di Jerman Naik Moderat 0,8%
Pesanan Pabrik di Jerman Naik Moderat 0,8%
A A A
FRANKURT - Pesanan pabrik di Jerman naik moderat 0,8% pada September 2014, sebagai tanda ekonomi terbesar di Zona Euro itu berjuang bangkit pada semester kedua tahun ini. Sebelumnya, pesanan pabrik turun 4,2% pada Agustus lalu.

Namun, kenaikan tersebut lebih rendah dari perkiraan analis. Dari survei Bloomberg News, ekonom memperkirakan peningkatan sebesar 2,3%.

Komisi Eropa memangkas proyeksi ekonomi untuk kawasan euro pada pekan ini, termasuk prospek Jerman, Prancis dan Italia, sebagai buntut krisis utang dengan angka pengangguran tetap tinggi dan permintaan lemah.

Ekonomi Jerman mengalami kontraksi pada kuartal kedua, dan Bundesbank memprediksi pertumbuhan sedikit tumbuh pada sisa tahun, sebagian karena gangguan sanksi perdagangan terhadap Rusia.

"Penurunan ekspor Rusia dan pengiriman ke seluruh kawasan euro menekan output," kata Thomas Harjes, ekonom senior Eropa di Barclays Plc, Frankfurt, seperti dilansir dari Bloomberg, Kamis (6/11/2014).

"Fundamental domestik Jerman tetap sehat. Kami berharap konsumsi swasta secara bertahap kembali kuat," tambahnya.

Pesanan pabrik di pasar domestik turun 2,8% pada September, sementara pesanan dari luar negeri meningkat 3,7%. Pesanan dari Zona Euro naik sebesar 2,5% dan dari luar wilayah euro tumbuh 4,4%.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5805 seconds (0.1#10.140)