Industri Mamin Tak Bisa Dipaksa Gunakan Gula Lokal

Senin, 15 Desember 2014 - 14:31 WIB
Industri Mamin Tak Bisa Dipaksa Gunakan Gula Lokal
Industri Mamin Tak Bisa Dipaksa Gunakan Gula Lokal
A A A
JAKARTA - Menteri Perdagangan (Mendag) Rachmat Gobel menegaskan, bahwa pemerintah tidak bisa memaksa para industri makanan dan minuman (mamin) untuk menggunakan gula lokal.

Hal tersebut dikatakan Rachmat terkait asosiasi petani gula lokal yang meinta agar pemerintah menyarankan kepada industri mamin untuk menggunakan gula lokal, bukan gula rafinasi.

Menurutnya, hal itu harus dikaji terlebih dahulu. Pasalnya, makanan dan minuman di Indonesia itu punya standar dan kualitas yang berbeda-beda. Jadi, tak bisa memaksakan harus menggunakan gula apa.

"Enggak bisa maksain dong kita harus pakai gula ini atau gula itu. Enggak bisa. Kalau harus pakai gula dalam negeri, itu produksinya harus memenuhi standar yang sudah diberlakukan mereka," ujarnya di Jakarta, Senin (15/12/2014).

Rachmat berpendapat, pemaksaan penggunaan gula dalam kandungan makanan dan minuman harus benar-benar dihindari, karena menyangkut soal kesehatan konsumen yang mengonsumsi makanan dan minuman tersebut.

"Inget lho, masalah makanan dan minuman itu masalah kesehatan. Enggak bisa kita maksain begitu kalau sudah menyangkut masalah kesehatan," pungkas dia.

(Baca: Mendag Pusing Stok Gula Rafinasi Menjamur)
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4772 seconds (0.1#10.140)