BI Tahan Suku Bunga Acuan 7,5%

Selasa, 17 Maret 2015 - 15:40 WIB
BI Tahan Suku Bunga Acuan 7,5%
BI Tahan Suku Bunga Acuan 7,5%
A A A
JAKARTA - Bank Indonesia (BI) kembali menahan suku bunga acuan atau BI Rate di level 7,5% dengan suku bunga deposite facility 5,50% dan landing facility 8,0%. Penahanan suku bunga ini merupakan kedua kalinya dilakukan BI semenjak suku bunga diturunkan 0,25% dari angka 7,75%.

Keputusan tersebut sejalan dengan sasaran inflasi 4 plus minus 1% pada 2015-2016. Selain itu, mengarahkan defisit neraca berjalan ke tingkat yang lebih sehat di kisaran 2,5%-3% terhadap PDB dalam jangka menengah.

"Sehubungan dengan itu, BI mmperkuat stabilitasi rupiah, bauran kebijakan tetap difokuskan pada menjaga stabilitas makro ekonomi di tengah meningkatnya ketidakpastian di pasar global," ujar Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI) Tirta Segara di Gedung Bank Indonesia, Jakarta, Selasa (17/3/2015).

Tirta menambahkan, dalam konteks ini BI berkomitmen untuk menjaga kebijakan moneter dan makro prudensial serta meninggkatkan koordinasi dengan pemerintah dalam pengendalian inflasi dan defisit neraca berjalan serta mendorong percepatan reformasi struktural.

"Dalam hal ini BI mendukung langkah-langkah struktural yang dilakukan pemerintah dalam reformasi struktural dalam rangka memperkuat neraca pembayaran," ujarnya.

Pemulihan ekonomi global, kata dia, masih terus berlangsung terutama ditopang pemulihan ekonomi Amerika Serikat yang semakin solid. Pemulihan ekonomi AS didukung konsumsi yang meningkat serta didukung menurunnya harga minyak dan membaiknya kondisi iklim ketenagakerjaan.

"Kondisi tersebut diikuti oleh indikator sektor produksi yang semakin meningkat yang dialami Amerika Serikat," pungkas Tirta.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7708 seconds (0.1#10.140)