Awas! Barang KW China Serbu RI Akibat Devaluasi Yuan

Selasa, 18 Agustus 2015 - 13:57 WIB
Awas! Barang KW China Serbu RI Akibat Devaluasi Yuan
Awas! Barang KW China Serbu RI Akibat Devaluasi Yuan
A A A
JAKARTA - Deputi Bidang Statistik Produksi Badan Pusat Statistik (BPS) Adi Lumaksono mengatakan, harus waspada terhadap melonjaknya impor barang tiruan (KW) dari China akibat kebijakan devaluasi mata uang yuan.

"Dampak bahayanya ada barang KW, tapi kita sebagai negara bisa tidak mengimpor barang tersebut," ujarnya di Gedung BPS, Jakarta, Selasa (18/8/2015).

Menurutnya, tindakan China mendepresiasi nilai tukarnya sebesar 2% agar bisa meningkatkan daya saing ekspor ke beberapa negara. Jangan sampai barang impornya menyerbu Tanah Air.

"Salah satunya Indonesia, porsi impor mereka ke kita sudah mendekati 24%, dampak depresiasi yuan belum terlihat. Bisa saja naik jadi 25%," jelas Adi.

Selain itu, kebijakan depresiasi yuan dilakukan disaat melambatnya pertumbuhan ekonomi yang terjadi di negara tersebut.

Konsekuensi dari kebijakan ini adalah meningkatnya ekspor ke negara tujuan karena harganya murah. Pihaknya menunggu instruksi Presiden Joko Widodo soal produk dalam negeri.

"Tinggal bagaimana menyikapi instruksi Presiden menggubakan produk dalam negeri. Harapan kami impor tidak akan membesar justru kalau bisa ekspor yang meningkat," pungkasnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7203 seconds (0.1#10.140)