Menteri ESDM Sudirman Said Tinjau Krisis Listrik di Nias

Kamis, 14 April 2016 - 09:28 WIB
Menteri ESDM Sudirman Said Tinjau Krisis Listrik di Nias
Menteri ESDM Sudirman Said Tinjau Krisis Listrik di Nias
A A A
NIAS - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Sudirman Said telah tiba di Bandar Udara Binaka, Gunung Sitoli di Kabupaten Nias, hari ini guna meninjau kondisi kelistrikan pasca gelap gulita lantaran krisis listrik. Hadir mendampingi, Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Jarman, Direktur Bisnis Regional PLN Sumatera Amir Rosidin dan jajaran pejabat Pemerintah Kabupaten Nias.

(Baca Juga: Pulihkan Krisis Listrik Nias, PLN Kembali Operasikan PLTD)

Seperti diketahui krisis listrik di Kepulauan Nias terjadi sejak Jumat (1/4) lalu, lantaran tidak adanya pasokan listrik. Sementara itu saat ini, krisis listrik di Nias mulai terurai karena Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) Sewa berkapasitas 2x10 megawatt (MW) sudah mulai beroperasi penuh.

Kepastian beroperasinya kembali PLTD 2x10 MW di Moawo dan Idanoi setelah terjadi kesepakatan antara PT PLN (Persero) dengan pemilik PLTD American Power Rent (APR) pasca terjadi sengketa kontrak jual beli listrik.

Kondisi listrik di Nias mulai normal sejak Selasa (12/4) lalu setelah sengketa jual beli listrik antara PLN dengan APR terselesaikan dimediasi oleh Kedutaan Besar Amerika Serikat untuk Indonesia. APR akhirnya kembali menghidupkan PLTD berkapasitas 20 MW dengan syarat PLN harus membayar tunggakan pembelian listrik sebesar Rp90 miliar selama 1 tahun.

PLN akhirnya menyanggupi dengan terlebih dahulu membayar separuh dari tunggakan kontrak jual beli selama 1 tahun sebesar Rp45 miliar. "Kami meminta toleransi membayar separuh dari total kontrak jual beli sebesar Rp45 miliar," tutur Direktur Regional Bisnis PLN Sumatera, Amir Rosidin, Kamis (14/4/2016).
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0247 seconds (0.1#10.140)