Mentan Beri Jaminan Harga Bawang Turun

Selasa, 07 Juni 2016 - 15:46 WIB
Mentan Beri Jaminan Harga Bawang Turun
Mentan Beri Jaminan Harga Bawang Turun
A A A
JAKARTA - Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman memastikan, harga bawang merah di Indonesia sudah mulai turun. ‎Hal ini terlihat dari harga di tingkat petani yang sudah menunjukkan titik penurunan.

Dia juga meyakini harga bawang merah jelang Idul Fitri akan stabil. Kalaupun mengalami kenaikan, pasti tidak akan signifikan seperti tahun-tahun sebelumnya.

"Harga bawang sudah turun dan produksinya naik‎. Seluruh Indonesia yang jelas sudah mulai turun, pada harga Rp25 ribu/kg di pasar dan di tingkat petani Rp15-16 ribu," kata dia di Kemenko Perekonomian, Jakarta, Selasa (7/6/2016).

(Baca Juga: Harga Bawang Meroket, DPR Sebut Ulah Mafia)

Selain itu dia menerangkan musim panen bawang merah sudah mulai memasuki puncaknya yakni di bulan Juni-Juli. Sehingga pasokan bawang merah dapat dipastikan aman. "Panen puncaknya sampai Juli nanti. Pokoknya produksinya di atas 100 ribu ton per bulan," sambungnya.

Sedangkan untuk kebutuhan dalam negeri sendiri, dia memperkirakan mencapai 90 ribu ton per bulan. Jadi masih ada sisa kebutuhan sekitar 10 ribu ton. "Kita kan produksi kurang lebih 900, kebutuhannya sekitar 90 ribuan ton per bulan. Ya tapi secara bertahap kita bersyukur harga sudah turun, karena hasil produksi sudah masuk‎," pungkasnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6847 seconds (0.1#10.140)