Oesman Sapta: Pelaku Kartel Daging Sapi Harus Disikat

Kamis, 09 Juni 2016 - 16:26 WIB
Oesman Sapta: Pelaku Kartel Daging Sapi Harus Disikat
Oesman Sapta: Pelaku Kartel Daging Sapi Harus Disikat
A A A
JAKARTA - Wakil Ketua MPR Oesman Sapta Odang meminta aparat penegak hukum segera mengamankan para pelaku kartel daging sapi. Mereka dinilai sebagai pihak yang memengaruhi harga daging di dalam negeri menjadi melambung.

(Baca: MPR Sebut Lima Kartel Besar di Balik Melonjaknya Harga Daging)

"Setiap hari raya naik. Ini bertahun-tahun, harus ada perubahan. Presiden kan cerdas. Kartel-kartel ini harus disikat. Jangan aparat keamanan diam saja, seakan berpihak, jangan berpihak. Ini tugas aparat keamanan," kata Oso, panggilan akrab Oesman Sapta di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (9/6/2016).

Menurut dia, sebelumnya Menteri Perdagangan (Mendag) Tom Lembong juga telah mengakui kenaikan bahwa harga daging merupakan kesalahan pemerintah. "Sudah diakui oleh Menteri perdagangan, itu terlambat, salah menteri perdagangan. Seharusnya jauh-jauh hari, jangan pas Ramadan, jadi telat kebijakannya. Ini yang harusnya diantisipasi pemerintah," tandasnya.

Sementara, terkait dengan swasembada daging tidak bisa dengan instan, melainkan harus ada cara atau sistem khusus. Menurutnya, saat ini tidak mungkin menghentikan impor daging karena kebutuhan dalam negeri tidak mencukupi.

"Tidak akan cukup, jadi harus ada cara-cara impor. Berapa jumlah peternak di negeri ini? Enggak akan mampu kalau enggak impor. Lalu, yang betina jangan disembelih," tutur dia.

Oso juga mengatakan, pemerintah tidak hanya cukup mengimpor daging, namun perlu juga mengimpor bibit daging tersebut. "Lalu impor bibit juga. Jadi, jangan hanya impor sapi saja, bibitnya juga harus," tandasnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5882 seconds (0.1#10.140)