Sri Mulyani Merasa Terhormat 'Dipinang' Jokowi Jadi Menkeu

Rabu, 27 Juli 2016 - 18:26 WIB
Sri Mulyani Merasa Terhormat Dipinang Jokowi Jadi Menkeu
Sri Mulyani Merasa Terhormat 'Dipinang' Jokowi Jadi Menkeu
A A A
JAKARTA - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengaku merasa terhormat dengan keputusan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang memintanya kembali masuk ke dalam kabinet. Sri Mulyani didapuk menjadi Menteri Keuangan, menggantikan Bambang Brodjonegoro yang geser posisi menjadi Menteri Perencanaan dan Pembangunan Nasional/Bappenas.

SMI berharap, ‎dalam sisa waktu pemerintahan ini, dirinya dapat mengemban tugas untuk mewujudkan cita-cita Presiden Jokowi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. "‎Saya merasa terhormat diminta kembali oleh Presiden untuk bekerja sama para menteri kabinet yang lain untuk bisa menjalankan sisa masa kabinet ini, semoga itu bisa tercapai," katanya di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (27/7/2016).

Menurutnya, Jokowi memintanya untuk kembali bergabung dalam kabinet untuk memperkuat struktur pemerintahan. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengharapkan agar kebijakan fiskal dapat diperkuat semaksimal mungkin.

"‎Terutama adalah tadi untuk memperkuat kebijakan fiskal semaksimal dan sebaik mungkin untuk menangani masalah selama ini. Termasuk pengentasan kemiskinan, memperbaiki kesempatan kerja dan juga mengatasi isu kesenjangan," tandas Jokowi. (Baca: Ini Latar Belakang Pemilihan Menteri Ekonomi Baru)

Sebelumnya, Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengatakan, Sri Mulyani merupakan sosok yang telah berpengalaman dan teruji di berbagai penugasan bidang ekonomi dan keuangan. Selain itu, mantan Menteri Keuangan era Presiden SBY itu juga memiliki jaringan yang dipercaya secara luas di tingkat internasional.

"‎Beliau mempunyai kapasitas untuk mendongkrak, memberikan kontribusi untuk Indonesia dalam menghadapi persaingan global, sekaligus juga tadi yang disampaikan Presiden, menyelesaijkan masalah yang berat yang sudah lama kita hadapi, kemiskinan, ketimpangan ekonomi, wilayah, dan juga meningkatkan kesempatan kerja," katanya.

Menurutnya, Presiden Jokowi juga telah meminta izin kepada Bank Dunia (World Bank) untuk menarik kembali Sri Mulyani ke Tanah Air dan bergabung dengan pemerintahan. Sri Mulyani sendiri di Bank Dunia saat ini menjabat sebagai Managing Director World Bank.

"Meski sampai saat ini beliau masih sebagai managing director World Bank, jadi sudah ada komunikasi antara Presiden dnegan Presiden Kim dari Bank Dunia dan walaupun dengan berat hati telah diberi izin untuk kembali ke Indonesia dan menjabat sebagai menkeu," imbuh dia.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8315 seconds (0.1#10.140)