Kehadiran Tax Amnesty Cegah Kegaduhan Pajak

Selasa, 09 Agustus 2016 - 13:30 WIB
Kehadiran Tax Amnesty Cegah Kegaduhan Pajak
Kehadiran Tax Amnesty Cegah Kegaduhan Pajak
A A A
JAKARTA - Ketua Ikatan Akuntan Indonesia Kompartemen Akuntan Pajak (IAI KAPj) John L Hutagaol mengatakan, jika program pengampunan pajak atau tax amnesty tidak bergulir maka akan menimbulkan kegaduhan terutama di sektor perpajakan nasional. Menurutnya jumlah wajib pajak di Indonesia masih sangat rendah, sehingga butuh perantara untuk dapat meningkatkan partisipasi masyarakat.

"Kalau tax amnesty tidak lahir akan terjadi kegaduhan karena wajib pajak kita sangat rendah sekali. Perlu ada jembatan antara kondisi sekarang dan kondisi ke depan, jembatannya adalah tax amnesty," ujarnya di Jakarta, Selasa (9/8/2016).

(Baca Juga: Bocorkan Data Peserta Tax Amnesty, Jokowi Ancam Bakal Penjarakan)

Dengan adanya tax amnesty kata dia, juga dapat mencegah Indonesia terus berada dalam kondisi ekonomi yang melambat. Tax amnesty diharapkan bisa membuat roda perekonomian terus berjalan sesuai target.

"Kita harus melihat sesuatu yang lebih luas untuk menjaga momentum ekonomi yang berkelanjutan. Kita ingin keluar dari perlambatan pertumbuhan ekonomi," sambung dia.

(Baca Juga: Target Tax Amnesty Tak Akan Diubah Sri Mulyani Apapun Risikonya)

Selain itu, lanjut dia program amnesti pajak bisa berhasil ketika ada kepercayaan dari masyarakat. Jika tidak ada menurutnya maka mustahil kebijakan Pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini bisa berjalan mulus.

"Tax amnesty bisa berhasil bila mana ada trust. Tanpa ada trust dari masyarakat ini impossible. India setelah berkali-kali melakukannya, baru berhasil. Filipina tidak pernah berhasil sampai sekarang. Afrika Selatan pernah berhasil waktu zaman Nelson Mandela," pungkasnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4617 seconds (0.1#10.140)