Target Industri 5,4%, Ini yang Dilakukan Airlangga

Rabu, 17 Agustus 2016 - 04:13 WIB
Target Industri 5,4%,...
Target Industri 5,4%, Ini yang Dilakukan Airlangga
A A A
JAKARTA - Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengatakan untuk mencapai target industri sebesar 5,4% pada 2017, ia akan melihat dari sisi global dan investasi. Pasalnya, hingga tahun depan diperkirakan ekonomi global mulai pulih kendati belum sepenuhnya membaik.

Airlangga memastikan, ada beberapa aspek yang akan diperhatikan oleh Kemenperin untuk memaksimalkan pencapaian di tahun tersebut tentunya di sektor industri kecil, sedang dan besar.

"Tentu kami lihat situasi global dan investasi, terutama untuk komponen daya saing, salah satu komponen daya saing kalau untuk industri petrochemichal dan makanan itu kan salah satunya gas, itu harus kita perhatikan," kata dia di Jakarta, Selasa (16/8/2016).

Kedua, lanjut dia, pihaknya akan lakukan pendalaman struktur terhadap value chain dari pada industri. Nantinya, ini dilihat dari rantai produksi dari industri Indonesia. Di sana akan dilihat bagian mana saja yang masih memungkinkan untuk diikutsertakan joint promotion.

"Itu nanti di sana kami melihat bahwa yang masih bolong-bolong, kami akan mintakan untuk joint promotion dengan BKPM, dengan itu nanti kita lihat kelanjutannya," kata dia.

Pasalnya, Kemenperin sendiri dipastikan akan mendorong semua arah industri dari hulu sampai ke hilir. Tentu saja dengan mengandalkan insentif yang diberikan oleh pemerintah.

"Kan industri itu kita lihat dorong hulu dan hilir. Nanti ada yang membutuhkan fasilitas seperti tax allowance atau pajak yang lain atau harmonisasi daripada tarif fiskal. Nah ini yang sedang kami kaji," tutupnya.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8628 seconds (0.1#10.140)