Sri Mulyani Ajak Negara G20 Perangi Kejahatan Pajak

Rabu, 12 Oktober 2016 - 17:34 WIB
Sri Mulyani Ajak Negara...
Sri Mulyani Ajak Negara G20 Perangi Kejahatan Pajak
A A A
JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati dalam pertemuan tahunan bersama Bank Dunia (World Bank) dan International Montary Fund (IMF) mengajak negara-negara peserta G20 untuk sama-sama memerangi kejahatan pajak yang merugikan negara. Dia menerangkan hal itu untuk mencegah erosi dari basis pajak dan profit shifting.

"Isu ini sangat relevan, ‎maka saya menjelaskan kepada mereka mengenai pentingnya memerangi ini. Karena banyak sekali di negara-negara tersebut para penghindar pajak," ucap Sri Mulyani di Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Rabu (12/10/2016).

(Baca Juga: Sri Mulyani Wanita Pertama Pimpin Pertemuan Bank Dunia dan IMF)

Lebih lanjut dia menerangkan negara-negara G20 maupun internasional juga membahas upaya mencegah wajib pajak bisa memindahkan profit, sehingga bisa menghindar dari kewajiban pajak. Menurutnya mencegah erosi basis pajak dan penghindaran dari keuntungan untuk hindari pajak dengan peranan Financial Action Tax Force (FATF) dalam hal ini berperan sangat penting.

"Karena ini adalah suatu tax force yang dibentuk untuk memerangi anti money laundring, financing of terorism, drug trafficking maupun human trafficking," kata dia.

Dia menambahkan hal ini sebagai upaya menangani pemanfaatan bagaimana mengidentifikasi suatu account itu dimiliki oleh siapa sehingga pemerintah bisa mentrack jika ada wajib pajak yang menggunakan bentuk-bentuk yang berbeda untuk menghindari pajak.

"Artinya ini upaya untuk membentuk transparansi dan akuntabilitas yang bersama-sama dilakukan oleh negara-negara G20 dalam rangka memerangi penghindaran kewajiban pembayaran pajak, dan cara-cara yang dilakukan oleh WP maupun perusahan dalam rangka mengejar keuntungan dengan cara hindari pajak. Juga dalam rangka memerangi kejahatan pencucian uang dan pembiayaan teroris," pungkasnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8775 seconds (0.1#10.140)