Program Keuangan Berkelanjutan Permudah Perusahaan Raih Kredit

Selasa, 15 November 2016 - 16:07 WIB
Program Keuangan Berkelanjutan Permudah Perusahaan Raih Kredit
Program Keuangan Berkelanjutan Permudah Perusahaan Raih Kredit
A A A
JAKARTA - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengatakan, program keuangan berkelanjutan tidak akan bikin perusahaan yang bergerak di sektor yang kurang ramah lingkungan sulit mendapatkan kredit dari bank. Mereka tetap bisa dapat pembiayaan dari perbankan jika melakukan penyesuaian.

(Baca: OJK Terbitkan Aturan Soal Keuangan Berkelanjutan Tahun Depan)

Deputi Komisioner Pengawas Perbankan OJK Mulya E Siregar mengatakan, penyesuaian terhadap kebijakan keuangan berkelanjutan ini harus disadari tiap pengusaha. Salah satunya dengan tidak beroperasi secara masif yang dapat merugikan lingkungan.

"Mau menyesuaikan enggak? Kalau mau menyesuaikan enggak sulit. Kalau dia sadar keuangan berkelanjutan bermanfaat ke depan, kalau enggak mau menyesuaikan cara beroperasi sekarang jadi sulit, kalau enggak sadar akan sulit," ujarnya di Jakarta, Selasa (15/11/2016).

Dia menjelaskan, perusahaan jangan hanya memikirkan perekonomian. Namun, harus ada keseimbangan antara pendapatan usaha dan memiliki dampak positif terhadap lingkungan. "Kita enggak boleh fokus perekonomian saja tapi di sisi lain dampaknya negatif. Harus seimbang semuanya dan punya dampak positif," kata Mulya.

Selama perusahaan masih berorientasi ke keuntungan semata, lanjut dia, maka bisa merugikan Indonesia dalam jangka panjang. Mulya memperkirakan akan banyak kerusakan lingkungan yang terus terjadi.

"Selama hanya mikir keuntungan akan begitu terus, berpikir wah berarti ini (keuangan berkelanjutan) enggak menguntungkan. Kalau lihat semua ini bisa merugikan, ke depannya kenapa China bisa, kita enggak? Kalau kita diamkan ini bertahun-tahun, banyak kebakaran, kita ekspor asap, itu bertahun-tahun jadi contoh," pungkasnya.

Baca Juga:

Dibentuk 2012, Ini Target dan Capaian SBN
OJK Ingin Perbankan Terapkan Prinsip Keuangan Berkelanjutan
Sukses Terapkan Keuangan Berkelanjutan, Indonesia Akan Tiru China
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4350 seconds (0.1#10.140)