Penyaluran KUR Tahun Ini Naik Jadi Rp110 Triliun

Jum'at, 20 Januari 2017 - 20:28 WIB
Penyaluran KUR Tahun Ini Naik Jadi Rp110 Triliun
Penyaluran KUR Tahun Ini Naik Jadi Rp110 Triliun
A A A
JAKARTA - Kementerian Koordinator (Kemenko) bidang Perekonomian menaikkan target penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) tahun ini menjadi sebesar Rp110 triliun dari sebelumnya sebesar Rp100 triliun. Hal ini diputuskan dalam rapat koordinasi (rakor) di kantor Kemenko bidang Perekonomian hari ini.

Deputi Bidang Usaha Jasa Keuangan Kementerian BUMN Gatot Trihargo mengungkapkan bahwa bank penyalur KUR juga diminta untuk menyalurkan KUR ke sektor produktif di luar perdagangan seperti sektor pertanian.

"Hasil rapat tadi memutuskan untuk meningkatkan target KUR itu. Penyaluran ke sektor produksi di luar perdagangan ditargetkan 40% tahun ini. Karena kami ingin dorong sektor pertanian supaya ekonomi kerakyatan kita bergeliat," katanya di Kantor Kemenko bidang Perekonomian, Jakarta, Jumat (20/1/2017).

Deputi Kebijakan Ekonomi Makro Keuangan Kemenko Perekonomian Iskandar Simorangkir menambahkan, untuk mengantisipasi potensi terjadinya risiko kredit macet (non performing loan) pemerintah memutuskan untuk menaikkan iuran penjaminan.

"Tadinya iuran 1,5%, sekarang menjadi 1,75% supaya menutupi risiko kredit tahun ini. Jadi kalau kredit macet, bisa dicover melalui penjaminan tersebut," tandasnya.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9959 seconds (0.1#10.140)