Garuda Indonesia Group Diperkuat 4.500 Karyawan Perempuan

Sabtu, 22 April 2017 - 10:31 WIB
Garuda Indonesia Group Diperkuat 4.500 Karyawan Perempuan
Garuda Indonesia Group Diperkuat 4.500 Karyawan Perempuan
A A A
JAKARTA - Maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia menyelenggarakan penerbangan khusus "Kartini Flight" dalam memeriahkan Hari Kartini dengan melibatkan awak kabin, petugas darat dan pilot yang semuanya merupakan perempuan hebat. Di mana Garuda Indonesia Group saat ini diperkuat lebih dari 4.500 karyawan perempuan.

Keistimewaan lainnya dari penerbangan khusus Kartini Flight adalah ikut sertanya Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Anak RI Yohana Yembise dan rombongan pada rute penerbangan Padang - Jakarta. Selain itu, dua direksi perempuan Garuda Indonesia, masing-masing Direktur Sumber Daya Manusia dan Umum, Sari Suharso dan Direktur Produksi, Puji Nur Handayani juga ikut dalam penerbangan tersebut.

"Salut buat Garuda Indonesia yang telah mengadakan penerbangan khusus ini. Keterlibatan pilot perempuan, awak kabin dan juga petugas darat yang semuanya perempuan membuktikan bahwa mereka mampu bekerja ditengah dunia yang sarat dengan perkembangan teknologi dan tantangan dinamika karir yang ada," ujar Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Anak, Yohana, dalam keterangan pers yang diterima SINDOnews, Sabtu (22/4/2017).

Dia mengatakan, Garuda Indonesia telah mampu dengan baik mengakomodir aktualisasi diri kaum perempuan dalam jenjang karier professional di industri penerbangan.

Direktur Sumber Daya Manusia dan Umum Garuda Indonesia, Sari Suharso mengungkapkan melalui "Kartini Flight" ini Garuda Indonesia mengajak seluruh perempuan di Indonesia untuk terus berprestasi dan mengaktualisasikan diri tanpa batasan tertentu.

"Spirit tersebut kami representasikan melalui kehadiran pilot, awak kabin hingga release-woman yang semuanya perempuan pada penerbangan GA 164 rute Jakarta - Padang dan GA 167 dengan rute Padang - Jakarta ini," ujarnya.

Garuda Indonesia Group saat ini telah memiliki lebih dari 4.500 karyawan perempuan yang terdiri dari petugas lapangan, teknisi pesawat, co-pilot, kapten pilot hingga profesi lainnya. Perempuan yang bekerja sebagai pilot sendiri mencapai 39 pilot perempuan, di mana 31 pilot di Garuda Indonesia dan 8 pilot di Citilink.

Sementara di GMF-Aeroasia tercatat memiliki 357 orang karyawati, di mana 97 karyawati bekerja di lapangan sebagai teknisi dan engineer. Selain itu, GMF-Aeroasia juga memiliki lima orang releaseman perempuan yang berlisensi berbagai jenis pesawat yang dikuasainya.

Direktur Produksi Garuda Indonesia, Puji Nur Handayani, menambahkan pihaknya berharap penerbangan Kartini Flight ini dapat menjadi agenda tahunan sebagai bentuk dan wujud dukungan perusahaan terhadap sosok pahlawan RA Kartini yang hingga saat ini terus menginspirasi seluruh perempuan di Indonesia.

Kartini Flight merupakan penerbangan khusus yang melibatkan seluruh sosok perempuan yang berperan penting dalam proses pelaksanaan penerbangan Garuda Indonesia. Berikut 12 perempuan hebat yang terlibat dalam Kartini Flight:

1. Captain Pilot : Capt. Ida Fiqriah (kapten pilot perempuan pertama GA)
2. First Officer (FO/co-pilot) : Sari Ardisa
3. Flight Service Manager (FSM) : Gloria saragih
4. Flight Attendant (FA) : Sutrisma Lebang
5. Flight Attendant (FA) : Siena Halim
6. Flight Attendant (FA) : Meilina Priyanka
7. Flight Attendant (FA) : Rina Triana
8. Engineer Aircraft Release : Dessy Purnama Sari
9. Engineer Aircraft Release : Pitta
10. Passenger & Baggage Leader : Kentala Devi
11. Loadsheeter : Anissa Putri
12. Ramp Dispatcher : Winda Sitepu
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8798 seconds (0.1#10.140)