Filipina Contek Cara Indonesia Kembangkan Bank Syariah

Minggu, 04 Juni 2017 - 15:35 WIB
Filipina Contek Cara Indonesia Kembangkan Bank Syariah
Filipina Contek Cara Indonesia Kembangkan Bank Syariah
A A A
JAKARTA - Gubernur Banco Sentral ng Pilipinas (BSP) Amando M Tetangco mengaku ingin meniru cara Indonesia mengembangkan industri perbankan syariah (islamic banking) di negaranya. Dia menilai Indonesia merupakan salah satu negara yang sukses mengembangkan industri tersebut.

Hal itu diungkapkannya usai menandatangani Letter of Intent (LoI) dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terkait implementasi ASEAN Banking Integration Framework (ABIF).

Dia menuturkan, Filipina saat ini tengah berupaya mengembangkan industri perbankan syariah. Karena itu, kerja sama antara OJK dengan BSP akan membuka celah bagi Filipina untuk berguru ke Indonesia dalam mengembangkan industri jasa keuangan berbasis syariah.

"Indonesia juga tengah mengembangkan islamic banking. Dan Filipina juga tengah mengembangkan hal tersebut. Jadi kita bisa mengambil manfaat dari pengalaman Indonesia tersebut untuk perkembangan islamic banking di negara kita," ujarnya di Hotel Fairmont, Jakarta, Minggu (4/6/2017).

Terlepas dari itu, Tetangco mengatakan, hubungan antara Indonesia dan Filipina selama ini telah terjalin erat. Hal tersebut terbukti dengan telah beroperasinya beberapa perusahaan Filipina di Tanah Air.

"Beberapa perusahaan Filipina telah beroperasi di Indonesia. Dan, perusahaan tersebut berada di sektor strategis, seperti research and development (RnD) di sektor energi, dan infrastruktur. Kita yakin akan terus meningkat di masa mendatang," tandasnya.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7038 seconds (0.1#10.140)