Mulai Langka, Harga Garam di Malang Melonjak

Kamis, 20 Juli 2017 - 11:04 WIB
Mulai Langka, Harga Garam di Malang Melonjak
Mulai Langka, Harga Garam di Malang Melonjak
A A A
MALANG - Garam mendadak langka di pasar Kota Malang sejak Lebaran hingga sekarang. Jika biasanya garam tersedia dalam banyak pilihan merek dan kualitas, saat ini hanya ada satu merek di pedagang tertentu dan harganya naik 60%.

Di pasar besar Kota Malang, tumpukan garam di kios pedagang mendadak nyaris tidak ada. Dari beberapa pedagang yang menjual bumbu dapur dan garam termasuk di dalamnya tidak nampak lagi tumpukan garam.

Pedagang mengaku heran karena baru kali ini garam langka keberadaannya. Para suplier yang biasanya mengirim mereka mengaku kehabisan stok, karena tidak ada dari produsen. "Baru tahun ini, susah mas. Sejak lebaran harganya naik," kata Denra Putra, salah satu pedagang di pasar tersebut, Kamis (20/7/2017).

Bahkan di pasar besar Malang, hanya ada satu pedagang yang memiliki tumpukan garam, itupun bukan garam favorit yang biasanya dicari pembeli. Tidak ada lagi pilihan merek dan kualitas garam dan harganya naik 60% dibanding sebelum garam langka.

Dia menuturkan biasanya saat normal harga garam berkisar Rp2 ribu hingga Rp2,5 ribu per bungkus. Namun, saat ini harga garam menjadi Rp4 ribu per bungkus.

Denra mengatakan, saat ini para pedagang tengah menunggu dari suplier. Kelangkaan garam di pasar tradisional di Kota Malang dan Jatim ini cukup aneh, karena Jawa Timur sebagai salah satu penghasil garam di Indonesia
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8233 seconds (0.1#10.140)