Simpanan Simpeda BPD Capai Rp14,5 Triliun

Selasa, 29 Agustus 2017 - 02:11 WIB
Simpanan Simpeda BPD Capai Rp14,5 Triliun
Simpanan Simpeda BPD Capai Rp14,5 Triliun
A A A
BANDUNG - Simpanan dana masyarakat melalui tabungan Simpeda hingga triwulan I/2017 mencapai Rp14,5 triliun. Bank pembangunan daerah (BPD) terus meningkatkan serapan Simpeda untuk meningkatkan dana pihak ketiga (DPK).

Direktur Utama Bank BJB Ahmad Irfan mengatakan, Simpeda masih menjadi tabungan primadona BPD untuk meningkatkan DPK. Simpeda sendiri adalah program tabungan yang hanya diterbitkan BPD dan tidak diterbitkan bank konvensional lainnya.

"Kontribusi Simpeda terhadap DPK di Bank BJB berada di posisi kedua dari 17 produk tabungan yang kami miliki. Kontribusinya masih cukup besar," kata Ahmad Irfan di Bandung.

Menurut dia, share Bank BJB terhadap total serapan Simpeda sebesar 19% atau sekitar Rp2,7 triliun dari total serapan Simpeda Rp14,5 triliun. Hingga akhir tahun, serapan Simpeda Bank BJB diperkirakan akan terus terus meningkat. Setoran awal Simpeda terbilang ringan dibanding produk tabungan lainnya.

"Nasabah setia Simpeda ada dipelosok. Produk tabungan ini sudah ada sejak 28 tahun lalu. Dan ini adalah produk khusus yang hanya dimiliki oleh bank pembangunan daerah," beber dia.

Untuk meningkatkan serapan Simpeda, lanjut dia, BPD se-Indonesia secara rutin memberikan reward kepada nasabah. Salah satunya melakukan penarikan undian Simpeda ke-28 untuk periode pertama tahun ini.

Dalam satu tahun, total hadiah yang diberikan kepada nasabaha mencapai Rp6 miliar. Hadiah itu diundi dan diberikan kepada sekitar 584 pemenang. "Simpeda diharapkan lebih dari sekadar pemersatu, tetapi juga mampu menyokong kinerja tabungan BPD," paparnya.
(akr)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
berita/ rendering in 0.1079 seconds (10.177#12.26)