Warga Malaysia Suka Belanja, Indonesia Punya Semua

Minggu, 18 Maret 2018 - 21:10 WIB
Warga Malaysia Suka Belanja, Indonesia Punya Semua
Warga Malaysia Suka Belanja, Indonesia Punya Semua
A A A
JAKARTA - Indonesia harus bersyukur menjadi bangsa yang kaya dan luas. Untuk urusan pariwisata, Indonesia merupakan negara yang sangat lengkap dan memiliki banyak destinasi yang mumpuni serta berkelas dunia. Hal ini menjadi branding yang menonjol di perhelatan Malaysian Association of Tour and Travel Agents (MATTA) Fair 2018.

Secretary Tourism Officer Johor, Mohd Azhari Bin Abu Bakar mengakui bahwa orang Malaysia suka berwisata dan berbelanja di Indonesia. "Karakternya orang Malaysia suka belanja atau shoping, dan luar biasanya Indonesia justru punya semuanya," ujar Azhari.

Matta Fair 2018 merupakan pameran terbesar di Malaysia dan selalu dilaksanakan secara berkelanjutan dari tahun ke tahun. Kementerian Pariwisata (Kemenpar) dengan industri-industri ternama dari Indonesia berpromosi di ajang tersebut dengan berbagai paket wisata dan penawaran yang menarik.

"Kondisi sekarang akses ke Indonesia juga sudah mulai mudah, kita bisa ke Jakara dulu, baru ke kota-kota lain. Kami juga bisa ke Batam terlebih dahulu baru ke kota-kota lain. Jadi, Indonesia kini banyak bandara yang menjadi penghubung. Itu mempermudah kami berwisata, dan memilih tujuan," sambung Azhari.

Pria yang kerap menggunakan peci dan baju khas Malaysia itu, menambahkan Indonesia selain punya banyak mal untuk wisata belanja, juga memiliki alam yang indah, wisata buatan yang berkelas dan budaya yang menarik.

Hal senada diungkapkan industri asal Malaysia, Beststar Travel. Industri kelas kakap asal negri Jiran itu bahkan setiap bulannya memboyong wisatawan asal Malaysia sebanyak 300 orang dengan dibagi menjadi lima rombongan.

"Saya sudah membawa mereka semua ke Bandung, Yogyakarta, Medan, Padang, Batam, Jakarta, Bogor, dan juga Bali. Sepulang dari Indonesia, wisatawan yang kami bawa senang sekali," kata Marketing Executive Beststar Travel, Zulkarnain Bin Ahmad.

Selain memang suka sekali dengan belanja, ada hal yang selalu menjadi daya tarik di Indonesia adalah alam Indonesia yang indah dan tidak dimiliki Malaysia. "Alam Indonesia membuat kami tenang. Kami enjoy dan hilang semua penat. Indonesia punya alam yang indah, sejuk bahkan masih sangat alami, tak bosan-bosan saya ke sana," kata Zulkarnain.

Beststar Travel bahkan sudah menjalin kerja sama dengan Malaysia Airlines, Air Asia, Lion Air dan juga Garuda Indonesia untuk paket-paket yang ditawarkan kepada wisatawan asal Malaysia.

Deputi Pemasaran I Kemenpar I Gde Pitana didampingi Asisten Deputi Pemasaran 1 Regional II, Sumarni mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang menilai positif Indonesia. Kata Pitana, Indonesia siap dengan wisatawan apapun termasuk wisata belanja.

"Silakan datang. Jangan khawatir, Jakarta punya segudang mal yang berkelas dan skala dunia juga, dengan barang-barang branded yang original. Jangan khawatir, Jakarta punya semua, Bandung juga punya ratusan mal, di daerah lain juga malnya sudah bagus," kata Pitana dalam keteranganya, Minggu (18/3/2018).

Sumarni menambahkan, jika nanti wisatawan ke Jakarta, belanja di ibukota tidak akan memalukan. Kata wanita berhijab itu, total mall yang ada di Indonesia lebih dari 300 dan berbagai brand-brand terkenal kelas atas sampai menengah dapat ditemui di tanah air.

"Selain itu, kualitas mal kita juga sangat baik, contohnya saja Gandaria City, Kota Kasablanka Jakarta, St. Moritz Mall. Mal yang terbesar di Indonesia itu semua ada di Jakarta, silakan kunjungi negara kami," ujar Sumarni.

Sumarni juga membeberkan, pertumbuhan mal di Indonesia juga sangat bagus dan semua tersedia untuk kelas menengah maupun kelas atas.

"Untuk urusan Muslim Friendly, mal di kita juga ready banget. Silakan tengok musala tempat ibadah semua ada, tempat wudhu bersih, sejadah yang wangi serta musala yang dingin dengan fasilitas AC. Juga sangat halal, karena wanita dan pria dibedakan tempat shalatnya. Aku jamin Malaysia yang mayoritas Muslim akan terkesan dengan mal di Indonesia. Tentu saja, alam kami juga oke banget," beber wanita berhijab ini.

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya, menjelaskan portofolio pariwisata itu ada tiga, yakni wisata alam atau nature 35%, wisata budaya atau culture 60%, dan wisata manmade atau buatan 5%. Tentunya porsi tersebut berbeda di setiap destinasi wisata. Lantas, di mana letak wisata kuliner dan shopping?

"Culinary and shopping itu ada di wisata budaya. Kuliner itu produk budaya, sudah dibuat lama, turun temurun, ratusan bahkan ribuan kali dimodifikasi berdasarkan selera customers," ujarnya.

Dia melanjutkan, shopping itu satu paket dengan kuliner dan harus ada di setiap destinasi. Karena memang ada karakter wisman yang setiap berwisata itu mensyaratkan harus ada kuliner dan belanja.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5695 seconds (0.1#10.140)