Sinar Mas Land Topping Off Proyek BSD Green Office Park 1

Kamis, 12 April 2018 - 14:26 WIB
Sinar Mas Land Topping Off Proyek BSD Green Office Park 1
Sinar Mas Land Topping Off Proyek BSD Green Office Park 1
A A A
JAKARTA - Sinar Mas Land meresmikan pembangunan proyek gedung perkantoran terbaru di BSD City, yakni BSD Green Office Park 1 (GOP 1) yang ditandai dengan topping off ceremony. Topping off ceremony GOP 1 tersebut ditandai dengan prosesi penanaman paku emas.

Hadir dalam acara tersebut jajaran management Sinar Mas Land, di antaranya Group CEO Michael Widjaja, Deputi Group CEO Monik William, CEO Asset Management Teky Mailoa dan Group Division Head Project Support Services Harry Rahmaputra.

Gedung perkantoran terbaru ini menjadi bagian dari kawasan BSD Green Office Park, yaitu distrik perkantoran pertama di Indonesia yang mendapat sertifikasi "Gold" Green district dari BCA (Building Construction Authority) Singapore. Pengembangan BSD GOP 1 mengacu akan pentingnya pelestarian lingkungan yang selalu menjadi komitmen Sinar Mas Land, yang memadukan aspek ramah lingkungan dengan suasana hijau alami dalam sebuah kawasan.

Pembangunan gedung perkantoran di area seluas 1,9 ha yang dimulai pada kuartal I/2017 itu ditargetkan mulai beroperasi pada kuartal I/2019. Gedung perkantoran BSD GOP 1, didesian oleh konsultan arsitek terkemuka yakni Pomeroy Studio Singapore. Gedung perkantoran enam lantai ini memiliki dua lantai basement untuk parkir dengan total bangunan seluas 59.089 meter persegi. Sinar Mas Land mengeluarkan investasi sebesar Rp500 miliar untuk pembangunan Gedung BSD GOP 1.

"BSD GOP 1 merupakan solusi dari Sinar Mas Land untuk menjawab kebutuhan masyarakat akan gedung perkantoran dengan desain berkelas dan fasilitas terbaik di lokasi strategis dan mudah diakses. Kehadiran BSD GOP 1 juga menunjukkan bahwa Sinar Mas Land selalu berkomitmen mendukung pelestarian alam dengan menghasilkan bangunan yang ramah lingkungan dan hemat energi," ungkap CEO Strategic Development and Services Sinar Mas Land Ishak Chandra dalam siaran pers, Kamis (12/4/2018).

Proyek BSD GOP 1 ini, jelas dia, mengacu pada konsep Green District sebagai usaha Sinar Mas Land untuk memenuhi komitmen dalam pelestarian lingkungan. GOP 1 dilengkapi dengan High Quality Spaces: The Campus Courtyard Experience yaitu taman seluas 3.000 m2 di tengah-tengah bangunan dengan full canopy. Atrium berkonsep green garden dilengkapi dengan waterfall, seating planter dengan timber top, dan stone steps.

"Sehingga, saat memasuki GOP 1 ini akan merasakan experience green garden yang sangat nyaman dan asri," tuturnya.

Dalam kawasan BSD GOP ini terdapat sembilan gedung perkantoran dan The Breeze (sebuah lifestyle mall dengan konsep asri dan unik) yang memiliki fitur-fitur green, yakni microclimate optimization, green transport and integrated parking, serta sustainable management practice.

Ishak Chandra menjelaskan, fitur-fitur hijau tersebut diaplikasikan semaksimal mungkin di BSD GOP 1. Gedung perkantoran ini dibangun akan memperhitungkan arah mata angin utara dan selatan untuk mengurangi panas matahari, memanfaatkan ventilasi sirkulasi udara dan pencahayaan alami, serta menggunakan dinding dan atap hijau yang tentunya ramah lingkungan.

Dia menambahkan, BSD Green Office Park 1 menawarkan fasilitas terbaik dengan fitur-fitur ramah lingkungan yang didukung oleh desain, konstruksi, pengelolaan serta pemeliharaan yang berkelanjutan (sustainable). Hal ini diwujudkan dalam bentuk konservasi energi melalui natural lighting, penggunaan double glazed low E-glass, smart water conservation, serta praktik daur ulang sampah dan limbah yang ramah lingkungan.

Kawasan ini juga sangat memperhatikan arsitektur lansekap, serta pentingnya pelestarian ruang hijau. Penerapan pembangunan berkelanjutan, kata Ishak, akan membuat umur bangunan semakin panjang dan memiliki daya tahan tinggi, serta biaya pemeliharaan dan operasional yang rendah. Pembangunan ini akan menghemat biaya dalam jangka waktu lama serta meningkatkan tanggung jawab perusahaan terhadap lingkungan dan sosial.

"BSD GOP 1 memiliki beragam keunggulan yang membuatnya menjadi salah satu gedung perkantoran berkonsep green terbaik di Tanah Air," pungkasnya.
(fjo)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2360 seconds (0.1#10.140)