Mendag Ajak Dunia Usaha Ikut Kendalikan Harga Jelang Lebaran

Senin, 04 Juni 2018 - 13:47 WIB
Mendag Ajak Dunia Usaha Ikut Kendalikan Harga Jelang Lebaran
Mendag Ajak Dunia Usaha Ikut Kendalikan Harga Jelang Lebaran
A A A
JAKARTA - Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita mengatakan, peran dunia usaha dalam mengendalikan harga selama Puasa dan menjelang Lebaran selama dua tahun ini sangat besar. Tercatat sejak 2017, harga realtif terjaga selama hari raya berkat dukungan dunia usaha.

"Dua tahun lalu, memasuki Lebaran harga selalu gejolak ke atas dan dianggap rutin terjadi. Padahal membiasakan hal tersebut tidak benar. Untuk itu sejak 2017 dan bukan kehebatan Kemendag tapi kerjasama berbagai pihak satgas pangan dan dunia usaha. Tanpa dukungan pengusaha produsen sampai ritel, maka hal itu tidak akan terjadi," terang Mendag di Jakarta, Senin (4/6/2018).

Menurutnya, pengusaha memiliki peran besar dalam mengendalikan harga bahan pokok. Dirinya pun berharap, selama bulan suci Ramadhan ini mampu memberikan kesan bahwa para pengusaha konglomerat itu tidak serakah dan meningkatkan berbagi dengan yang lainnya.

"Sebagai dunia usaha memang harus untung, karena agar bisa mengembangkan usaha dan buka lapangan kerja. Tapi pada saat tertentu harus peduli dengan sesama yang membutuhkan. Bulan suci itu menggugah, salah satunya yakni berbagi. Ini harus bisa tahan diri berbagai nafsu termasuk serakah," tuturnya.

Enggar pun menyampaikan terima kasih pada pengusaha dan asosiasi yang tidak terhenti dari tahun ke tahun melakukan kegiatan sossial selama bulan Ramadhan. "Jadi kepada seluruh masyarakat kita berterimakasih dan berikan dunia usaha dan peduli. Saya bersyukur walaupun di awal terpaksa peduli, tapi setelah mengenal Alhamdulillah dia peduli," tegasnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7188 seconds (0.1#10.140)