Jangan Takut Investasi, Sri Mulyani Tegaskan Pemerintah Tak Andalkan Utang

Rabu, 03 Oktober 2018 - 17:07 WIB
Jangan Takut Investasi, Sri Mulyani Tegaskan Pemerintah Tak Andalkan Utang
Jangan Takut Investasi, Sri Mulyani Tegaskan Pemerintah Tak Andalkan Utang
A A A
JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menegaskan komitmen Pemerintah untuk selalu menggunakan utang secara prudent. Terkait tahun politik tahun 2019, Menkeu juga menyampaikan pentingnya utang untuk dikelola secara prudent merupakan concern bagi semua pihak baik petahana maupun pesaing politiknya.

Sri Mulyani menekankan kepada semua pihak untuk tidak perlu takut berinvestasi. Apalagi, Pemerintah tidak mengandalkan utang untuk perbaikan dan pertumbuhan ekonomi, namun lebih kepada reformasi dan kerja keras.

“Saya sangat setuju bahwa kita supposed to be not rely too much on debt (seharusnya tidak terlalu bergantung pada utang). We have to rely on reform (Kita harus mengandalkan reformasi)," ujar Menkeu Sri Mulyan di Jakarta, Rabu (3/10/2018).

Menutup pidatonya, mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu mengingatkan agar semua pihak tidak terlalu menyikapi utang secara berlebihan. Utang terang dia hanyalah merupakan salah satu instrumen fiskal yang digunakan Pemerintah secara fleksibel dan dikelola dengan prudent dalam rangka mendorong tercapainya masyarakat adil dan makmur.

Saat ini, menurut Menkeu kondisi utang Indonesia dikelola dengan baik dan aman. “Level of deficit and debt to deficit ratio (Tingkat defisit dan rasio utang terhadap defisit) adalah yang termasuk yang sangat prudent di dunia,” pungkasnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6987 seconds (0.1#10.140)