Asuransi Sinar Mas Bayar Klaim Korban Gempa Palu

Kamis, 18 Oktober 2018 - 22:31 WIB
Asuransi Sinar Mas Bayar Klaim Korban Gempa Palu
Asuransi Sinar Mas Bayar Klaim Korban Gempa Palu
A A A
JAKARTA - PT Asuransi Sinar Mas melakukan pembayaran interim payment klaim kepada nasabah yang mengalami kerugian akibat gempa bumi berkekuatan 7,4 scala richter (SR) di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah.

Direktur Asuransi Sinar Mas, Marten Lalamentik mengatakan perseroan telah melakukan tindakan proaktif dengan melakukan pendataan melalui telepon untuk mengetahui nasabah yang terkena dampak gempa dan mempercepat proses penanganan klaimnya.

"Hari ini, kami membuktikan komitmen ke nasabah dengan membayar interim payment Rp10,275 miliar kepada PT Palu Graha Sejahtera. Pembayaran ini kami lakukan untuk membantu mempercepat pemulihan akibat gempa," ujar Marten dalam keterangan rilisnya di Jakarta, Kamis (18/10/2018).

Hingga 16 Oktober 2018, Asuransi Sinar Mas telah menerima 39 laporan klaim akibat gempa Palu, yang terdiri atas klaim asuransi kebakaran dan klaim asuransi kendaraan bermotor. Total Sum Insured (nilai pertanggungan) terhadap polis asuransi kebakaran properti sebesar Rp261,998 miliar dan USD100,1 juta.

"Sementara nilai pertanggungan asuransi kendaraan bermotor sebesar Rp992,945 juta. Untuk nilai kerugian sendiri masih menunggu estimasi dari adjuster," imbuhnya.

Menurut Marten, pelaporan klaim bagi tertanggung maupun pemegang polis yang mengalami kerugian telah diarahkan sejak kejadian gempa dengan menghubungi layanan 24 jam customer care Asuransi Sinar Mas.

Akibat gempa Palu ini juga menyebabkan operasional layanan Kantor Cabang Asuransi Sinar Mas Palu yang berlokasi di Jl Mesjid Raya No. 10 Lt. 3, Palu, Sulawesi Tengah, sempat tidak berfungsi. Meski demikian, pada 8 Oktober 2018, layanan Asuransi Sinar Mas dibuka kembali dengan prioritas penanganan klaim nasabah yang mengalami kerugian akibat gempa.

"Sejak gempa terjadi, kami juga memonitor kondisi karyawan yang berada di wilayah Palu dan sekitarnya," tegasnya.

Perusahaan memberikan bantuan berupa logistik, dan obat-obatan bagi karyawan dan keluarga. Proses pengiriman bantuan menjadi tantangan tersendiri bagi tim rescue gabungan Sinar Mas Financial Service mengingat masih terbatasnya akses ke Palu.

Bantuan ke Palu dikirimkan dari Jakarta, Gorontalo dan Mamuju. Selain itu, tim juga membantu proses evakuasi bagi karyawan dan keluarga yang bersedia dievakuasi. Total terdapat 95 orang karyawan dan keluarga Sinar Mas Financal Service yang berhasil dievakuasi oleh tim rescue. Unit usaha Sinar Mas yang lain yaitu PT Berau Coal juga ikut memberikan bantuan dan menerjunkan relawan untuk membantu evakuasi korban gempa bumi dan tsunami.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7558 seconds (0.1#10.140)