Vokasi Pendidikan Rendah, 7 Juta Orang Masih Pengangguran

Sabtu, 10 November 2018 - 17:22 WIB
Vokasi Pendidikan Rendah, 7 Juta Orang Masih Pengangguran
Vokasi Pendidikan Rendah, 7 Juta Orang Masih Pengangguran
A A A
JAKARTA - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat tingkat pengangguran terbuka (TPT) di Indonesia mengalami tren penurunan, sebesar 5,34%. Namun, Kasubdit Penyelarasan Kejuruan dan Kerjasama Industri Direktorat Pembinaan SMK Kemendikbud Saryadi menyebutkan, masih ada tujuh juta orang yang menganggur di Indonesia.

"Pengangguran di Indonesia mencapai 131,01 juta orang angkatan kerja, yang bekerja sebanyak 124,01 juta orang, sedangkan 7,001 juta orang merupakan pengangguran. Besarnya angka pengangguran dikarenakan perubahan dunia kerja dan kesempatan bekerja," ujar Saryadi di Acara MNC Trijaya, Sabtu (10/11/2018).

Lebih lanjut, terang dia pengangguran yang banyak terjadi pada lulusan vokasi seperti sekolah menengah kejuruan. Untuk itu, peningkatan vokasi pun harus dilakukan segera dalam menghadapi tantangan ekonomi ke depan.

"Paling mengejutkan, dari angka 7,001 juta pengangguran itu, justru didominasi oleh masyarakat yang berasal dari lulusan pendidikan vokasi seperti Sekolah Menegah Kejuruan (SMK)," terang dia

Dia pun menyarankan pemerintah sudah semestinya perbaikan program vokasi terus dilakukan serta lebih fokus, sebagai bentuk peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia. "Vokasional training, vokasional school masih menjadi fokus kita. Konsentrasi kita untuk perbaiki kualitasnya," tegasnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6683 seconds (0.1#10.140)