Sofa Bentuk L, Alternatif Terbaik untuk Tempat Santai

Rabu, 21 November 2018 - 14:03 WIB
Sofa Bentuk L, Alternatif Terbaik untuk Tempat Santai
Sofa Bentuk L, Alternatif Terbaik untuk Tempat Santai
A A A
SOFA berbentuk L dapat menjadi solusi bagi Anda yang memiliki rumah mungil. Terlebih, furnitur ini amat praktis digunakan, tidak hanya untuk duduk santai, tetapi juga sebagai tempat pelepas penat. Jika Anda berencana membeli furnitur ini, berikut panduannya. Anda sering kedatangan keluarga yang menginap, tetapi tidak memiliki kamar tidur khusus untuk tamu? Anda bisa mengajak kerabat tersebut tidur bersama Anda bila memungkinkan.

Namun, sebagai alternatif, Anda bisa menggunakan sofa berbentuk L yang bisa difungsikan sebagai sofa bed. “Furnitur multifungsi ini memang bisa membantu kita mengakali keterbatasan ruang. Selain untuk menerima tamu, sofa ini juga bisa dijadikan tempat istirahat sambil menonton televisi atau sekadar mengobrol,” ungkap desainer interior Susan Octari Yauwhan. Kehadiran sofa berbentuk L di rumah memang banyak fungsinya.

Menariknya, jika Anda ingin membeli sofa ini, tidak perlu pusing. Anda dapat dengan mudah menemukan barang ini di ritel furnitur modern, seperti Informa, Ace Hardware, Depo Bangunan, dan IKEA. Hanya, banyaknya produk sofa ini di pasaran kadang membuat orang bingung, mana yang cocok dan layak untuk mengisi rumahnya. Jika memang berniat membeli furnitur ini untuk rumah yang terbatas, Anda harus mengetahui terlebih dahulu panduannya, jangan sampai salah memilih.

Jika salah, ruangan Anda yang minimalis pun akan semakin tidak nyaman dilihat. “Hal utama yang harus kita perhatikan sebelum memilih sofa adalah ketahui dahulu mekanismenya. Ada banyak model sofa di pasaran, begitu juga dengan mekanisme kerjanya. Beda model sofa, beda pula cara kerjanya. Untuk itu, harus diperhatikan dengan baik,” ungkap Susan.

Agar Anda tidak salah memilih, cobalah mengutak-atik mekanisme sofa yang tadinya kursi menjadi tempat tidur, kemudian Anda bisa memilih tipe mekanisme yang cocok Anda tempatkan di ruang keluarga. Selanjutnya, yang tidak boleh Anda lupakan dalam memilih sofa adalah memperhitungkan ukurannya. Sebagian sofa berbentuk L cenderung berukuran lebih besar daripada sofa biasa.

Yang perlu diingat, Anda telah menghemat ruangan dengan menggabungkan dua macam perabot, yaitu sofa dan tempat tidur. Sebelum membeli, pikirkan ukuran ruangan Anda dengan ukuran sofa setelah diletakkan di rumah Anda.
Agar ruang mungil Anda tetap terlihat menarik, sebaiknya ukuran sofa saat berbentuk tempat tidur luasnya tidak melebihi 2/3 ruang. “Jangan lupa juga untuk selalu mengecek ketahanan produk agar bisa kita pakai lama,” kata Susan.

Furnitur yang satu ini memiliki beberapa bagian yang harus Anda cek terlebih dahulu. Bagian ini adalah dudukan, sandaran kaki, sandaran lengan, dan rangka matras. Periksalah ketahanan dan kestabilan produk, seperti berapa berat maksimal yang mampu ditopang, apakah matras tetap tidak berubah posisi, meskipun bentuk sudah diubah beberapa kali.

Bila Anda hendak memakai sofa ini untuk penggunaan keluarga, pilihlah sofa dengan rangka kumparan yang lebih kuat menopang beban 1-2 orang dewasa. Supaya lebih yakin dengan ketahanannya, jangan ragu untuk mencoba produk yang disediakan di toko tempat Anda akan membeli dengan cara menaiki furniturnya. Bagaimana, tertarik menambahkan furnitur ini di ruang keluarga Anda? Selamat mencoba.
(don)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3641 seconds (0.1#10.140)