Kejar Target Operasi Tahun Ini, Merpati Akan Siapkan 10 Pesawat

Kamis, 03 Januari 2019 - 14:48 WIB
Kejar Target Operasi Tahun Ini, Merpati Akan Siapkan 10 Pesawat
Kejar Target Operasi Tahun Ini, Merpati Akan Siapkan 10 Pesawat
A A A
JAKARTA - PT Merpati Nusantara Airlines (MNA) masih dalam proses menyelesaikan pesyaratan-persyaratan untuk kembali beroperasi. Salah satunya, perusahaan berencana menyiapkan 10 unit pesawat untuk operasi tahap awal.

"Persyaratan Kementerian Perhubungan minimal harus 10 (pesawat), tapi rencana kita ke depan lebih dari itu. Sebelum stop operasi dulu kita punya 25 pesawat," ujar Direktur Utama MNA Asep Eka Nugraha di Kementerian BUMN, Jakarta, Kamis (3/1/2019).

Kendati sebelumnya memiliki 25 pesawat, Asep Eka mengatakan bahwa manajemen Merpati memilih untuk menyiapkan pesawat baru daripada menghidupkan pesawat lamanya. Tentunya, kata dia, pihaknya terus berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan terkait persyaratan mengenai pesawat tersebut.

Asep menegaskan, pihaknya sudah mengantongi dana dari investor sebesar Rp250 miliar. Dana awal itu menurutnya akan digunakan untuk menghidupkan operasional MNA yang sempat berhenti.

"Sudah ada Rp250 miliar, itu jaminan dari mitra, jaminan keseriusan mereka. Tapi apa bisa kita miliki itu yang perlu ada persyaratan pendahuluan, termasuk keputusan RUPS, pajak dan DPR," jelasnya.

Terlepas dari itu, dia mengaku optimistis bahwa MNA dapat beroperasi kembali di tahun ini. Untuk itu, tegas dia, perseroan akan menyelesaikan persoalan privatisasi dan lain sebagainya dalam rangka menghidupkan kembali maskapai yang akan kembali menyasar rute-rute ke timur Indonesia tersebut. "Kita punya keinginan di 2019 sebisa mungkin harus ada pergerakan pesawat, bagaimana pun caranya," tegasnya.
(fjo)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.5490 seconds (0.1#10.140)