Dukung Komoditas Unggulan, Purwakarta Gelar Festival Manggis

Selasa, 26 Maret 2019 - 18:01 WIB
Dukung Komoditas Unggulan, Purwakarta Gelar Festival Manggis
Dukung Komoditas Unggulan, Purwakarta Gelar Festival Manggis
A A A
PURWAKARTA - Setelah sukses sebagai pengekspor manggis ke mancanegara, Kabupaten Purwakarta menyelenggarakan Festival Manggis Kabupaten Purwakarta di Desa Babakan, Kecamatan Wanayasa, Kabupaten Purwakarta.

Festival tersebut sengaja digelar di kecamatan yang dikenal sebagai salah satu sentra produksi manggis dan salah satu penghasil manggis terbaik di tingkat nasional tersebut.

Festival manggis Kabupaten Purwakarta yang pertama ini dibuka secara resmi oleh Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika. Dalam sambutannya, Anne berharap agar manggis kebanggaan Purwakarta terus dijaga dan dipelihara kualitasnya.

"Ke depan diharapkan lahir petani-petani milenial asal Kabupaten Purwakarta yang siap menerima tongkat estafet pembangunan pertanian Indonesia di masa yang akan datang," ungkap Anne di Purwakarta, Selasa (26/3/2019).

Anne berharap festival ini selain memberikan manfaat untuk pengembangan tata niaga manggis, juga mampu mendongkrak sektor pariwisata kabupaten Purwakarta sehingga pada akhirnya meningkatkan perekonomian daerah.

Anne menambahkan, pihaknya mendukung penuh pengembangan budidaya manggis dengan rencana penyiapan lahan khusus untuk kebun manggis. "Mulai tahun depan kita akan punya perkebunan manggis yang luas. Bahkan, perkebunan ini bisa jadi agrowisata," ungkapnya.

Sementara, Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Purwakarta Agus Suherlan mengatakan, dalam festival ini selain disajikan buah manggis segar, juga di gelar bazaar pangan olahan berbahan dasar buah manggis dan jenis produk pangan lainnya.

"Juga digelar edukasi budidaya manggis dalam bentuk dialog, berbagai lomba serta pentas seni," tutur Agus.

Manggis Purwakarta dikenal sebagai manggis varietas Wanayasa yang dilepas sebagai varietas unggul dengan Keputusan Menteri Pertanian Nomor : 571/Kpts/SR.120/9/2006 tanggal 25 September 2006.

Sentra produksi manggis di Kabupaten Purwakarta selain di Kecamatan Wanayasa terdapat juga di Kecamatan Kiarapedes, Kecamatan Bojong, Kecamatan Darangdan dan Kecamatan Pondoksalam. Luas areal pertanaman manggis di Kabupaten Purwakarta sebesar 1.540,4 hektare dengan jumlah populasi tanaman 154.043 pohon.

Direktur Pengolahan dan Pemasaran Hasil Hortikultura Kementerian Pertanian Yasid Taufik mengapresiasi penyelenggaraan festival manggis ini. "Mudah-mudahan hal ini bisa dijadikan sebagai pertanda baik dalam rangka mengenalkan buah-buahan Indonesia serta dapat meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap buah nasional Indonesia," tegas Yasid.
(fjo)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4999 seconds (0.1#10.140)