Hindari Kasus seperti Jiwasraya, Erick Thohir Bakal Lebur Dana Pensiun BUMN

Minggu, 05 Januari 2020 - 21:13 WIB
Hindari Kasus seperti Jiwasraya, Erick Thohir Bakal Lebur Dana Pensiun BUMN
Hindari Kasus seperti Jiwasraya, Erick Thohir Bakal Lebur Dana Pensiun BUMN
A A A
JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir berencana untuk membuat satu badan yang akan berfokus mengelola dana pensiun BUMN. Nantinya, dari beberapa badan pensiun milik negera akan dilebur menjadi satu.

"Tapi ke depan dana-dana pensiun yang ada di BUMN akan dijadikan satu atap tidak ada sendiri-sendiri lagi," kata Menteri Erick Thohir saat ditemui di Tanggerang, Minggu (5/1/2020).

Lebih lanjut Ia menerangkan, langkah diambil agar kejadian penyelewengan dana seperti Jiwasraya tidak terjadi. Sebab dengan satu badan yang mengurusi dana pensiun, maka akan lebih mudah pengawasan dibandingkan dengan banyaknya badan. Kendati demikian, Erick belum bisa menjelaskan secara detail mengenai rencana tersebut.

"Jangan sampai kasus Jiwasraya terjadi di dana pensiun Pertamina, dana pensiun BRI. Kita tidak mau. Sebab ini semua pasti oknum, bayangkan pegawai di BRI, Pertamina yang sudah bekerja puluhan tahun. Ketika pensiun dana pensiun tidak ada," jelas dia.

Belum jelas apakah badan tersebut akan di bawah perusahaan pelat merah mana. Hanya saja, pembentukan satu atap ini untuk memudahkan pihaknya mengontrol seluruh aktivitas di badan tersebut.

Ke depan, Erick akan melakukan konsolidasi dengan para direksi dan komisaris BUMN untuk memastikan dana pensiun BUMN aman. "Figur direksi dan komisaris BUMN saat ini merupakan orang-orang andal dan berkomitmen untuk tetap profesional," jelasnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6365 seconds (0.1#10.140)