Miliarder di Indonesia Diperkirakan Capai 34.000 Orang

Rabu, 12 Februari 2020 - 09:04 WIB
Miliarder di Indonesia Diperkirakan Capai 34.000 Orang
Miliarder di Indonesia Diperkirakan Capai 34.000 Orang
A A A
JAKARTA - Standard Chartered Bank mencatat, pada 2017 terdapat 27.000 miliarder di Indonesia. Jumlah ini diperkirakan naik menjadi 34.000 pada 2021.

Sementara itu, data Forbes melaporkan, pada 2019 total harta 50 orang terkaya di Indonesia naik USD5 miliar atau Rp76,2 triliun. Seluruh kekayaan mereka diprediksi mencapai USD134,6 miliar atau Rp1.831 triliun.

Chief Executive Officer (CEO) Standard Chartered Andrew Chia mengatakan, mengacu data ini pihaknya mengambil strategi baru. Mereka akan menyasar generasi kedua atau penerus usaha keluarga dengan produk dan layanan Wealth Management. (Baca: 15 Negara dengan Jumlah Miliarder Terbanyak)

“Ada peluang pasar yang besar di Indonesia untuk menyasar segmen menengah ke atas. Ketahanan ekonomi Indonesia pada 2019 ditambah proyeksi ekonomi relatif stabil pada tahun ini, sehingga membuat kami yakin merambah generasi muda, khususnya mereka yang merupakan penerus usaha atau kekayaan keluarga dari generasi sebelumnya,” ujarnya di Jakarta kemarin.

Selain itu, pihaknya juga mencatat kinerja positif disegmen priority banking. Konsumen di segmen ini diharapkan tumbuh sebesar 22% pada 2020.

Sesuai dengan tren investasi yang kini mengarah ke produk yang bertanggung jawab dan berkelanjutan, pihaknya selaku agen penjual reksadana mulai menawarkan Reksa Dana Indeks BNP Paribas SRI-Kehati. Produk ini dikelola oleh PT BNP Paribas Asset Management.

BNP Paribas SRI-Kehati menggunakan Indeks SRI-Kehati yang diluncurkan Ya-yasan Keanekaragaman Hayati Indonesia (Yayasan KE-HATI) yang terdiri atas 25 perusahaan terbuka dengan memperhatikan prinsip ramah lingkungan, kontribusi masyarakat, serta tata kelola perusahaan yang baik.

Selain pilihan produk, pihaknya juga mengembangkan layanan digital, seperti meluncurkan Smart Goals dan On-line Mutual Fund pada 2019. Layanan ini berguna untuk membantu para nasabah melakukan perencanaan keuangan dan investasi reksadana dengan mudah melalui ponsel.

“Tahun ini kami akan terus menawarkan pilihan produk keuangan inovatif yang sesuai kompleksitas kebutuhan dan minat masyarakat Indonesia,” katanya.

Meru Arumdalu, Head of Wealth Management, Standard Chartered Bank Indonesia menambahkan, perseroan ingin memperkuat posisinya sebagai salah satu bank yang menawarkan jajaran produk keuangan inovatif. Oleh karena itu, tahun ini Standard Chartered Bank Indonesia juga menawarkan pilihan baru instrumen-instrumen investasi yang tidak hanya menawarkan pilihan investasi yang sesuai dengan tingkat kebutuhan dan minat risiko investor, tapi juga memperhatikan prinsip-prinsip keberlangsungan lingkungan dan aspek sosial. (Sudarsono)
(ysw)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3295 seconds (0.1#10.140)