Ekonomi Indonesia Bisa Tumbuh di Bawah 5% Akibat Corona

Senin, 24 Februari 2020 - 19:09 WIB
Ekonomi Indonesia Bisa Tumbuh di Bawah 5% Akibat Corona
Ekonomi Indonesia Bisa Tumbuh di Bawah 5% Akibat Corona
A A A
JAKARTA - Direktur Riset CORE Indonesia Pitter Abdullah menilai, wabah corona bisa menggerus perekonomian Indonesia secara signifikan. Bahkan, pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun 2020 berpotensi menurun hingga di bawah 5% apabila wabah corona tidak bisa ditanggulangi dengan cepat.

"Solusi untuk menahan penurunan pertumbuhan ekonomi adalah dengan mengoptimalkan pasar domestik khususnya dengan mendorong konsumsi dan investasi," kata Piter saat dihubungi di Jakarta, Senin (24/2/2020).

Piter melanjutkan, yang menjadi masalah adalah kebijakan pemerintah sejauh ini baru sebatas mendorong investasi, antara lain dengan kebijakan omnibus law. Sedangkan kebijakan yang benar benar ditujukan untuk mendorong konsumsi belum Ada. "Yang Ada justru kebijakan yang bisa menekan daya beli yang ujungnya akan memperlambat pertumbuhan konsumsi," tukasnya.

Adapun terkait neraca perdagangan, menurut Piter memang sebaiknya harus surplus agar bisa mengurangi defisit transaksi berjalan. Namun, kata dia, kalau sekarang ini terpaksa defisit bukanlah sesuatu yang harus dikhawatirkan sepanjang defisit tersebut masih bisa ditutup oleh surplus neraca modal yaitu dengan masuknya investasi asing. "Dan itu yang sedang diusahakan pemerintah melalui omnibus law," ujarnya.

Sebelumnya, Direktur Pelaksana Dana Moneter Internasional (IMF) Kristalina Georgieva memproyeksikan pertumbuhan global akan sedikit lebih rendah sekitar 0,1 poin persentase dari prakiraan IMF pada Januari. Sebagai catatan, pada Januari IMF memproyeksikan pertumbuhan global akan menguat dari 2,9% pada tahun lalu menjadi 3,3% pada tahun ini. Adapun China sebagai pusat wabah corona pada tahun ini diproyeksikan tumbuh 5,6% atau lebih rendah 0,4 poin persentase dari proyeksi pada bulan Januari.
(ind)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7017 seconds (0.1#10.140)